Harga Ekonomis, Pupuk Kno3 Merah Dinilai Lebih Efektif

Ilustrasi: pupuk penyubur tanaman (sumber: pakistantoday.com.pk)Ilustrasi: pupuk penyubur tanaman (sumber: pakistantoday.com.pk)

Guna memenuhi kebutuhan untuk produktivitas tanaman, kini telah hadir pupuk KNO3 yang memiliki kombinasi ampuh kalium dan nitrogen. Kedua kandungan ini sangat cocok meningkatkan unsur kalium pada tanaman. Pupuk ini memiliki dua , meliputi pupuk KNO3 merah dan putih.

Dengan keunggulan yang dimilikinya, pupuk KNO3 merah terbilang banyak dicari di pasaran dan harganya relatif lebih ekonomis. Secara spesifik, pupuk ini mudah dibedakan dengan lainnya. Mulai dari bentuknya yang kristal dengan warna merah dan memiliki kandungan unsur hara lebih sedikit. Tak heran jika pupuk ini juga mudah larut dan mampu bereaksi netral. Terlebih pada tanaman yang begitu sensitif pada kandungan klorida. Komponennya meliputi kandungan natrium 18%, nitrogen 15%, kalium 14%, dan boron 0,05%.

Tak lepas dari kegunaannya, pupuk KNO3 dinilai ampuh meningkatkan produktivitas tanaman. Dimulai dengan sifatnya yang dapat meningkatkan transportasi karbohidrat dalam tanaman sehingga memicu bunga dan buah. Dalam hal , pupuk ini dapat meningkatkan berat buah, biji, maupun umbi dengan aroma dan rasa yang unggul. Kelebihan ini tentunya diperoleh dari kandungan kalium yang memiliki peranan dalam mengatur pembukaan sekaligus penutupan stomata pada tanaman. Sedangkan unsur nitrogennya yang memenuhi asupan nutrisi untuk merangsang pertumbuhan tanaman.

Lalu bagaimana cara mengaplikasikan pupuk ini pada tanaman? Salah satu Peneliti sosial ekonomi pertanian, Agung Budi Santoso menerangkan pupuk KNO3 Merah dapat diaplikasikan dengan pemberian sekitar tujuh gram atau setara dengan satu sendok makan pada minggu setelah tanam (MST) dengan jarak pemupukan antara 5-7 cm. “Dosis ini berlaku efektif pada di pekarangan rumah. Sementara untuk lahan persawahan yang terbilang luas, kegiatan analisa sederhana untuk menentukan kebutuhan makro dan mikro juga diperlukan sebelumnya,” terang Agung.

Petani dapat membenamkan pupuk di sekitar tanaman. Sebagian petani bahkan juga melakukan teknik pencairan terlebih dulu, kemudian dilanjutkan dengan penyiraman. Teknik tersebut biasanya dilakukan pada sore hari guna menghindari kehilangan hara yang menguap oleh sinar matahari, ditunjang dengan pemupukan pada sore atau pagi hari. Lebih baik jika petani juga mengombinasikan penggunaan pupuk ini dengan pupuk kandang.

Di pasaran, pupuk KNO3 kisaran Rp25.000 dalam 1 kilogram (kg), sedangkan untuk 2 kilo harganya mencapai Rp45.000. Para petani dapat dengan mudah mendapatkannya di toko pertanian. Pupuk ini juga dapat dengan mudah dipesan secara online.

Loading...