Ekonomi Terbesar Eropa, Upah Minimum Jerman Tetap Terendah

Upah Minimum Jerman Terendah - @A. BerryUpah Minimum Jerman Terendah - @A. Berry

BERLIN – Jerman boleh disebut sebagai dengan terbesar di Uni . Namun, upah minimum di negara tersebut ternyata menduduki posisi terendah di antara negara-negara Barat. Meskipun ada peningkatan pada awal tahun 2019, namun tingkat upah di Jerman masih berada jauh di bawah rata-rata .

Diberitakan oleh Deutsche Welle, sebuah laporan yang diterbitkan oleh Hans-Böckler Foundation’s Institute of Economic and Social Research (WSI) pada hari Kamis (14/2) menunjukkan bahwa Jerman berada di posisi kedua terakhir dengan upah 9,19 euro (10,36 AS ) per jam, bahkan setelah kenaikan 35 sen pada awal tahun ini. Jerman sedikit berada di atas Inggris dengan upah minimum 8,85 euro per jam.

Meskipun upah di Jerman masih lebih tinggi daripada banyak negara Eropa bagian selatan dan timur, namun pekerja masih rentan terhadap kemiskinan. Upah minimum, yang akan setara dengan sekitar 1.146 euro per bulan setelah dan kontribusi , nyaris tidak berdiri di atas garis kemiskinan dan hanya mencapai sekitar 48 persen dari pendapatan rata-rata nasional. Sebagai perbandingan, negara-negara seperti Turki menawarkan upah minimum hampir 74 persen dari pendapatan nasional, sedangkan di Portugal angkanya adalah 61 persen.

Jerman memang memiliki reputasi yang baik untuk sewa dan hidup yang relatif murah menurut standar Eropa bagian barat. Sayangnya, upah minimum yang diberikan banyak perusahaan tampaknya tertinggal. Akibatnya, satu dari lima orang di Jerman berisiko mengalami kemiskinan atau pengucilan sosial.

Awal tahun ini, Tenaga Kerja, Hubertus Heil, mengumumkan bahwa Jerman akan berupaya untuk meningkatkan upah minimum ketika mengambil kepemimpinan Dewan Uni Eropa pada tahun 2020 mendatang. Ini bisa menempatkan Eropa di jalan menuju salah satu dari tujuan 2020, yaitu untuk mengangkat lebih dari 20 juta orang keluar dari risiko kemiskinan.

Menurut ilmuwan peneliti WSI, Profesor Dr. Thorsten Shulten dan Dr. Malte Lübker, secara keseluruhan, tren kenaikan upah yang lebih tinggi telah berlangsung di Uni Eropa selama beberapa tahun terakhir, dan ini terus berlanjut pada tahun 2019. Pertumbuhan sangat kuat tercatat di wilayah selatan dan timur. Di Yunani misalnya, upah minimum naik untuk pertama kalinya dalam tujuh tahun menjadi 3,76 euro per jam, sedangkan upah minimum di Spanyol naik 11 persen menjadi 5,45 euro per jam.

Laporan tersebut mencatat bahwa meskipun Austria, Italia, dan negara-negara Nordik tidak memiliki upah minimum, ada tingkat tawar-menawar kolektif yang tinggi. Ini berarti bahwa tingkat upah umumnya di atas upah minimum menurut undang-undang di Eropa Barat. Sayangnya, Jerman relatif terlambat mengadopsi upah minimum, baru memperkenalkannya pada 2015 selama periode dua tahun.

Loading...