Ekonomi China Bangkit, ADB Naikkan Proyeksi Pertumbuhan Asia

Ekonomi China - harian.analisadaily.comEkonomi China - harian.analisadaily.com

MANILA – atau Asian Development (ADB) pada hari Kamis (21/7) kemarin meningkatkan outlook untuk tingkat pertumbuhan produk domestik (PDB) -negara berkembang di Benua Kuning untuk tahun ini menjadi 5,9 persen dari angka sebelumnya yang sebesar 5,7 persen. Pendorong utama untuk upgrade ini adalah pertumbuhan China yang diperkirakan lebih kuat.

Seperti diberitakan Nikkei, ADB memprediksi pertumbuhan PDB di China naik 0,2 poin menjadi 6,7 persen, didukung oleh peningkatan domestik dan . Sementara, secara keseluruhan, prospek pertumbuhan terakhir menunjukkan bahwa tahun ini negara-negara berkembang di Asia kemungkinan mengalami pertumbuhan yang lebih cepat dibandingkan tahun 2016 lalu yang sebesar 5,8 persen.

“Pertumbuhan ekonomi di China sejauh ini ternyata lebih kuat dari yang diperkirakan pada tahun 2017, dengan angka resmi menunjukkan pertumbuhan PDB di paruh pertama sebesar 6,9 persen,” tulis ADB dalam laporan resminya. “Selain itu, prospek pertumbuhan di Korea Selatan juga meningkat 0,2 poin menjadi 2,7 persen, karena peningkatan tajam dalam sektor penjualan mesin dan peralatan, serta pertumbuhan konstruksi yang berkelanjutan.”

Sementara, untuk kawasan Asia Tenggara, outlook Malaysia meningkat cukup besar dari 4,4 persen menjadi 4,7 persen, salah satunya disebabkan oleh pertumbuhan yang tinggi di negara tersebut selama kuartal pertama 2017 yang sebesar 5,6 persen. Tetapi, secara keseluruhan, ADB masih mempertahankan prospek pertumbuhan sebesar 4,8 persen di kawasan ASEAN, karena ‘perkembangan yang mengecewakan’ di Brunei Darussalam.

Di Asia Selatan, kawasan dengan pertumbuhan paling cepat di antara sub-kawasan Asia Pasifik lainnya, diperkirakan tumbuh 7,0 persen pada 2017 dan 7,2 persen di 2018. Sementara, Asia Tengah membaik seiring permintaan domestik dan ekspor yang menguat. Namun, di wilayah Pasifik, pertumbuhan diproyeksikan tetap di level 2,9 persen pada tahun 2017.

“Kawasan Asia yang berkembang mengawali tahun ini dengan baik karena peningkatan ekspor mendorong prospek pertumbuhan sepanjang 2017,” kata Kepala Ekonom ADB, Yasuyuki Sawada. “Meski masih ada ketidakpastian mengenai seberapa kuatnya pemulihan ekonomi global, namun kawasan ini siap menghadapi kemungkinan jika proyeksi tersebut meleset.”

Loading...