Efektif untuk Cuci Motor, Harga Hidrolik Steam Motor Capai Puluhan Juta Rupiah

Hidrolik steam motor di bengkel cuci motor (sumber: tumbler.live)Hidrolik steam motor di bengkel cuci motor (sumber: tumbler.live)

Sebagian besar mungkin tak memiliki banyak waktu untuk mencuci kendaraan sendiri di . Tak heran bila kemudian bisnis jasa pencucian mobil dan motor terus berkembang dari waktu ke waktu, tentunya dengan teknologi yang sudah semakin modern. Dibandingkan mencuci motor sendiri secara manual, mencuci motor di tempat cuci motor biasanya relatif lebih bersih, karena bagian kaki-kaki serta bagian kolong mesin yang sulit dijangkau bisa dibersihkan dengan mudah bermodal hidrolik dan alat steam.

Bagi yang ingin memulai usaha pencucian motor, modal yang dibutuhkan untuk menyediakan hidrolik dan steam memang cukup besar. Di beberapa distributor, alat usaha cuci motor dengan 1 hidrolik dijual dengan mulai Rp 11,5 juta. Sementara itu, 3 hidrolik steam motor harganya Rp 24,5 juta dan alat steam motor 4 hidrolik bisa mencapai Rp 30 juta. Harga tersebut biasanya sudah meliputi hidrolik motor, kompresor portabel, mesin steam, tabung snow wash, selang + air duster, lap chamois, shampoo snow wash, hingga semir ban.

Akan tetapi, bisnis cucian motor semacam ini memang sifatnya musiman. Kadang jika sedang musim hujan justru banyak orang yang enggan mencuci motor. Sebagai contoh, pencucian hidrolik Semabung pada hari biasa dapat mencuci hingga 100 motor per hari. Tetapi saat musim hujan ternyata yang datang hanya separuhnya saja. “Kalau musim hujan biasanya sepi, mungkin malas cuci motor, takut kotor lagi,” ujar Abu, anak pemilik pencucian hidrolik Semabung, seperti dilansir Tribunnews.

Menurut Abu, saat musim hujan seharusnya motor lebih sering dicuci supaya tidak berkarat, terutama di bagian bawah motor. “Kalau hujan bagian spakbor motor paling kotor, membersihkannya agak sulit tangan masuknya,” jelas Abu.

Hingga kini Abu mengaku mempunyai banyak pelanggan. Terutama saat menjelang hari raya, maka jumlah sepeda motor yang dicuci oleh pekerjanya dapat mencapai ratusan unit. Ia pun mengerahkan sekitar 8 pekerja untuk melayani pencucian motor hidrolik Semabung. “Supaya cepat proses nyucinya dan pelanggan enggak lama-lama menunggu,” tandas Abu.

Loading...