Dukung Pertumbuhan, Harga Susu Kucing Baru Lahir Mulai Puluhan Ribu Rupiah

Harga, susu, kucing, baru, lahir, merek, merk, produk, kitten, replace, milk, non laktosa, cocok, Whiskas, Growssy, Royan Canin, dotBayi kucing

Langkah awal dalam merawat anak yang baru lahir biasanya adalah memperhatikan jenis susu yang mereka minum. Pemberian susu untuk anak yang baru lahir menjadi bahan pertimbangan banyak orang. Meski sudah banyak susu khusus kucing yang dijual di berbagai petshop maupun toko online, akan tetapi Anda tetap harus cermat dalam memberikan susu yang sesuai dan cocok untuk .

Sebenarnya, susu yang paling bagus untuk anak kucing yang baru lahir adalah air susu dari induk kucing. Karena di dalamnya terkandung gizi yang sangat baik dan mampu mengoptimalkan pertumbuhan anak kucing. Pada susu pertama yang diterima anak kucing (kolostrum) berperan untuk mentransfer antibodi.

Umumnya induk kucing akan menyusui bayinya dalam periode waktu 3 bulan hingga 6 bulanan. Akan tetapi terkadang ada beberapa faktor yang membuat induk kucing enggan menyusui anaknya. Misalnya karena sakit sehingga tidak keluar air susu, atau karena ditinggal mati sang induk. Kondisi yang seperti ini tidak bisa dibiarkan, karena dapat berdampak kematian pada kucing akibat tidak mendapatkan asupan susu.

Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa mencarikan induk kucing lainnya yang sedang memproduksi ASI, namun biasanya tidak semua induk kucing mau menyusui lantaran bukan anaknya sendiri. Sehingga alternatif lainnya adalah pemberian susu formula yang diformulasikan khusus untuk anak kucing. Namun tidak semua susu baik untuk kucing, terutama untuk kitten.

Susu pada umumnya mengandung laktosa atau gula yang merupakan salah satu komponen khas di dalamnya bersama trigliserida () dan kasein (protein). Untuk mencerna laktosa, pencernaan harus menggunakan enzim laktase. Kucing tidak dapat memproduksi laktase sehingga laktosa menjadi tidak terurai. Butiran laktosa tersebut akan tertinggal di muka lubang usus halus dan menyerap banyak air dari sekitarnya sehingga menimbulkan diare.

Bakteri pun mudah menyerang usus dan menyebabkan fermentasi dalam jumlah besar untuk membentuk gas. Akibatnya kucing akan merasakan rasa sakit yang luar biasa pada perutnya. Efeknya kucing bisa menderita diare. Diare yang berlebihan dapat menyebabkan dehidrasi pada kucing dan dapat berujung kematian.

Secara umum, susu yang baik untuk kucing adalah susu kitten replace milk dan susu non laktosa. “Jika anak kucingnya masih menyusui dengan induknya tidak usah lagi diberikan susu tambahan, tetapi jika induk susah untuk menyusui atau induk tidak ada, maka pemberian susu yang cocok untuk kucing adalah dengan susu formula yang cocok untuk kucing juga,” ujar salah seorang dokter di laman Petlogue.

Di pasaran ada beberapa merek susu untuk kucing baru lahir yang cukup terkenal, seperti Whiskas Milk For Cats, Growssy, KMR Powder, Top Growth Kitten Milk Replacer, ataupun Royal Canin Baby Milk. Harga jualnya juga cukup beragam, di sejumlah toko online populer Royal Canin 100 gram dijual seharga Rp120 ribuan, sementara Top Growth Kitten Milk Replacer 250 gram dijual lebih murah sekitar Rp40 ribuan.

Adapun dalam pemberian susu untuk anak kucing yang baru lahir, biasanya juga membutuhkan dot khusus kitten. Di pasaran, harga dot kitten ini dijual dengan harga cukup terjangkau sekitar Rp37.500.

Loading...