Dukung Koneksi Gigabit, Harga Kabel Panduit Cat 6 Dijual Jutaan Rupiah Per Roll

Kabel merk Paduit Cat6 - kaskus.co.id

Dalam dunia networking dikenal berbagai jenis UTP (Unshielded Twisted Pair) atau ethernet, yakni mulai dari yang paling umum CAT (category) 5, Cat 5E, Cat 6, hingga Cat 7E. Merek UTP pun ada bermacam-macam, mulai dari Belden, AMP, hingga Panduit. Namun untuk Cat 6, UTP besutan Panduit ternyata tergolong sebagai yang punya dan performa cukup baik. Tak heran jika harga kabel Panduit Cat 6 NetKey di pun relatif mahal, bisa dijual mencapai jutaan per 1 roll.

Sebagai , berdasarkan penelusuran di sejumlah -beli yang ada di Indonesia, harga kabel LAN Panduit Cat 6 per meter dijual antara Rp 6-7 ribuan, sedangkan harga kabel UTP Panduit Cat 6 per roll sepanjang 305 meter harganya berkisar mulai Rp 1.585.000 hingga Rp 1.969.999.

Berdasarkan informasi spesifikasi teknis dari website resmi Panduit, kabel Cat 6 besutannya ini cocok untuk Ethernet 10BASE-T, 100BASE-T (Fast Ethernet), 1000BASE-T (Gigabit Ethernet jarak terbatas sebagaimana ditentukan dalam standar industri 10GBASE-T), kemudian 155 Mb/s ATM, 622 Mb/s ATM, 1.2 GB/s ATM, serta token ring 4/16.

Menurut sebagian besar konsumen, performa dari kabel Panduit Cat 6 memang bagus. Sesuai ciri khas kabel UTP Cat 6 pada umumnya, kabel Panduit Cat 6 disebut-sebut memiliki kemampuan waktu delay yang nyaris 0 (nol) ketika mengirimkan , sekaligus memiliki kemampuan maksimal panjang kabel lebih dari 100 meter serta mampu menyalurkan sampai koneksi 1.000 Mbps atau koneksi jaringan Gigabit.

Performa kabel Panduit Cat 6 biasanya akan semakin sempurna jika dipadukan dengan konektor khusus Panduit Cat 6, yakni Panduit Connector Cat 6 SP588-C. Konektor ini terdiri dari 5 bagian yang salah satunya adalah plug boot transparan. “Cara pemasangannya mesti teliti dan mesti memakai crimping merek Panduit baru bisa di-crimp,” kata salah satu pedagang konektor Panduit.

Bisa jadi hal itulah yang menjadi kelemahan dari konektor Panduit, sebab konektor satu ini hanya bisa di-crimp menggunakan tang crimping asli Panduit dan tidak bisa menggunakan tang crimping pada umumnya yang beredar di pasaran. Meski demikian, Panduit Connector kabarnya cocok dengan kabel Cat 6 dari berbagai merk.

Loading...