Dolar Tembus di atas Rp 13.000 , Masyarakat Diminta tetap Tenang

Budi Gunawan Sadikin - Dirut Bank MandiriKondisi fundamental perekonomian Indonesia masih stabil ditengah merosotnya nilai tukar terhadap Dolar Amerika, hal inilah yang disampaikan oleh Budi Gunawan Sadikin selaku Dirut PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. “Saya yakin kondisi akan cepat stabil,” kata Budi saat ditemui di Jakarta Convention Center dalam sebuah acara pada (Kamis, 12/3). sendiri mencatat posisi Rupiah yang berada pada level Rp 13.176 per Dolarnya . Hal ini dapat dipastikan merupakan efek dari perbaikan perekonomian di Amerika Serikat baru-baru ini. Efek tersebut juga berpengaruh pada beberapa negara adidaya lainnya seperti Jepang dan .
Budi juga menambahkan, bahwa kondisi Rupiah yang saat ini tidak semata-mata hanya memberikan dampak buruk bagi Indonesia, karena sebenarnya ada sektor-sektor yang justru diuntungkan seperti sektor impor. Beberapa perusahaan non- yang bergantung pada input pemasukan berupa Dolar tampaknya juga akan diuntungkan.
Presiden Joko Widodo sempat mengeluarkan pernyataan meminta masyarakat untuk tetap tenang atas kondisi melemahnya Rupiah saat ini, karena pihak telah membuat berbagai kebijakan terkait untuk menjaga stabilitas perekonomian Indonesia. Tersebutlah satu kebijakan berupa pengalihan subsidi ke sektor infrastruktur yang dinilai akan mampu memberikan ruang fiskal yang baik untuk APBN. Selain itu langkah ini juga dinilai efektif untuk menjaring minat investor asing.

Loading...