Dolar Naik, Rupiah Terus Menguat di Akhir Pekan

Rupiah - sumutinvest.comRupiah - sumutinvest.com

JAKARTA – mampu terus melaju di teritori hijau pada Jumat (16/11) sore, didukung kenaikan Bank , meski indeks dolar AS mengambil keuntungan dari kondisi . Menurut catatan Index pada pukul 15.59 WIB, spot menguat 53 poin atau 0,36% ke level Rp14.612 per dolar AS.

Sementara itu, Bank Indonesia siang tadi mematok kurs tengah berada di posisi Rp14.594 per dolar AS, melonjak 170 poin atau 1,15% dari perdagangan sebelumnya di level Rp14.764 per dolar AS. Di saat yang bersamaan, mayoritas Asia perkasa melawan , dengan kenaikan tertinggi sebesar 0,63% menghampiri rupiah, disusul yen Jepang dan peso Filipina yang sama-sama menguat 0,21%.

Dari , pound sterling terpantau mencoba bertahan pada hari Jumat, karena investor khawatir gejolak politik di Inggris dapat membuat negara tersebut terpisah dari tanpa adanya kesepakatan. Di sisi lain, dolar AS dan yen mengambil keuntungan dari situasi pengunduran diri para menteri utama dalam pemerintahan Perdana Menteri Theresa May.

“Masalah politik tidak pernah berefek baik untuk mata uang. Dalam kasus mata uang Inggris, pound sterling bisa turun ke level 1,25 melawan dolar AS,” tutur managing director of currency strategy di BK Asset Management, Kathy Lien, dilansir Reuters. “Ini karena tidak ada kesepakatan Bexit, tantangan di pemerintahan, dan pertumbuhan yang lebih lambat.”

Pengunduran diri, termasuk Menteri Brexit, Dominic Raab, datang beberapa jam setelah May mengklaim sudah mencapai perjanjian perpisahan dari Uni Eropa. Rencana kompromi May, yang berusaha mempertahankan hubungan perdagangan dengan Uni Eropa pada masa depan, menghadapi perlawanan dari Brexiteers, pro-Eropa, partai Irlandia Utara, dan bahkan beberapa menterinya sendiri.

Kondisi tersebut membuat mata uang pound sterling rentan mengalami pelemahan. Pound sterling terpantau bergerak turun ke level 1,2792 terhadap dolar AS, setelah melemah 1,7% pada hari Kamis, persentase penurunan tertajam sejak 11 Oktober 2016. Di sisi lain, greenback bergerak menguat tipis 0,068 poin atau 0,07% ke level 96,995 pada Jumat siang pukul 11.34 WIB.

Loading...