Dolar Masih Kuat, Rupiah Lanjut Melemah 50 Poin di Selasa Pagi

rupiah - www.rfinancindoberjangka.comrupiah - www.rfinancindoberjangka.com

masih belum mampu keluar dari zona merah pada awal Selasa (6/2) ini imbas masih kuatnya pergerakan AS. Seperti dipaparkan Bloomberg Index, Garuda membuka transaksi hari ini dengan melemah 50 poin atau 0,37% ke level Rp13.570 per AS. Sebelumnya, spot sudah ditutup 68 poin atau 0,51% di posisi Rp13.520 per AS pada Senin (5/2) kemarin.

“Gerak indeks dolar AS yang masih menguat seiring respon positif pasar terhadap kenaikan data ketenagakerjaan Paman Sam membuat laju rupiah kembali melemah,” ujar analis senior Binaartha Sekuritas, Reza Priyambada. “Bahkan, pernyataan Menko Bidang Perekonomian, Darmin Nasution, yang optimistis bahwa ekonomi masih bisa tumbuh sesuai proyeksi, yaitu di angka 5,4% pada tahun 2018 ini, juga tidak banyak berpengaruh pada mata uang domestik.”

Seperti dilaporkan Reuters, indeks dolar AS memang bergerak ke level yang lebih tinggi pada Senin kemarin, terdorong kenaikan yang dialami imbal hasil obligasi AS. Pada awal Senin, imbal hasil Treasury AS 10-tahun mencapai level 2,885%, atau tertinggi sejak Januari 2014. Kenaikan ini terjadi menyusul pekerjaan AS yang menunjukkan pertumbuhan upah sepanjang bulan lalu, yang agaknya dipacu kekhawatiran menaikkan lebih cepat untuk mengatasi tekanan kenaikan gaji.

“Mata uang rupiah masih akan tertekan oleh penguatan dolar AS. Kondisi tersebut semakin diperparah oleh sajian data domestik pada pekan lalu yang masih di bawah ekspektasi,” ujar analis PT Valbury Asia Futures, Lukman Leong. “Saya sendiri belum melihat adanya sentimen positif yang mampu mengangkat rupiah terhadap dolar AS pada hari ini.”

Meski demikian, sejumlah analis mengatakan bahwa kenaikan lebih lanjut yang dialami akan terbatas karena ekonomi negara lain tampaknya siap untuk berkembang lebih cepat daripada AS. Spekulasi bahwa bank sentral negara lain mungkin akan mengembalikan stimulus juga bisa menutup ruang pemulihan mata uang Paman Sam.

Loading...