Dolar Galau Jelang Pilpres, Rupiah Berakhir Naik

Rupiah - www.teropongbisnis.comRupiah - www.teropongbisnis.com

JAKARTA – mampu menjaga posisi di zona hijau pada Selasa (3/11) sore memanfaatkan pelemahan ketika pelaku menantikan hasil pemilihan AS. Menurut catatan Bloomberg Index pada pukul 14.59 WIB, Garuda menguat 55 poin atau 0,38% ke level Rp14.585 per AS.

Sementara itu, data yang diterbitkan pukul 10.00 WIB menunjukkan bahwa kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) berada di posisi Rp14.609 per dolar AS, menguat 109 poin atau 0,74% dibandingkan sebelumnya di level Rp14.718 per dolar AS. Di saat yang bersamaan, mata uang Asia bergerak mixed, dengan kenaikan tertinggi sebesar 0,32% dialami rupiah dan penurunan terbesar sebesar 0,20% menghampiri dolar Taiwan.

Dikutip dari CNBC Indonesia, memang sedang menjauhi dolar AS. Pasalnya, greenback sebelumnya sudah menguat cukup tajam. Dalam seminggu kemarin, mata uang tersebut mengalami kenaikan 1,11% secara point-to-point, yang membuat para pelaku pasar memilih melakukan aksi ambil untung, mengakibatkan nilainya melemah.

Masih menurut referensi yang sama, survei Reuters terhadap 42 analis yang digelar pada 27 Oktober hingga 2 November 2020 menyebutkan, saat ini pelaku pasar cenderung mengambil posisi jual (short) terhadap dolar AS. Sebanyak 29 analis atau hampir 70% menyatakan akan mengambil posisi tersebut, terutama setelah hasil pemilihan presiden sudah diketahui.

Pedagang masih menunggu daripada bertaruh langsung pada hasil tertentu, banyak yang akhir-akhir ini berbondong-bondong ke dolar AS sehingga mereka berada pada posisi yang baik untuk memanfaatkan volatilitas saat hasil tiba. Jajak pendapat secara konsisten menunjukkan Joe Biden memimpin atas Donald Trump. Para analis mengatakan, kemenangan Biden dapat melemahkan greenback karena ia bermaksud untuk membelanjakan banyak dana untuk stimulus, sementara kebijakan luar negeri yang lebih stabil dapat mengangkat mata uang yang terpapar perdagangan.

Namun, dengan ‘pertempuran’ yang semakin dekat dan dengan prospek kemenangan Trump atau hasil yang tidak meyakinkan yang kemungkinan akan mendukung greenback, pergerakan pada perdagangan hari ini relatif sempit. Terhadap sekeranjang mata uang dunia, mata uang Paman Sam terpantau melemah 0,132 poin atau 0,14% ke level 93,997 pada pukul 11.48 WIB.

Loading...