Dolar Bangkit, Rupiah Berbalik Turun di Rabu Sore

Mata Uang Rupiah - berita.baca.co.idMata Uang Rupiah - berita.baca.co.id

JAKARTA – Rupiah harus berbalik ke teritori merah pada perdagangan Rabu (27/2) sore karena indeks dolar AS mencoba bangkit dari level terendah tiga minggu setelah testimoni Gubernur , Jerome Powell. Menurut paparan Index pada pukul 15.59 WIB, Garuda melemah 38 poin atau 0,27% ke level 14.030 per dolar AS.

Sementara itu, siang tadi menetapkan kurs tengah berada di posisi Rp14.004 per dolar AS, terdepresiasi 14 poin atau 0,10% dari perdagangan sebelumnya di level Rp13.990 per dolar AS. Di saat yang bersamaan, mata uang variatif terhadap , dengan kenaikan tertinggi sebesar 0,13% dialami ringgit Malaysia, sedangkan pelemahan terdalam sebesar 0,35% menghampiri dolar Hong Kong.

Dari , indeks dolar AS mencoba bangkit pada perdagangan hari Rabu, setelah sebelumnya berkutat di posisi terendah tiga minggu menyusul penegasan kembali sikap sabar oleh Federal Reserve mengenai suku bunga. Mata uang Paman Sam terpantau menguat 0,113 poin atau 0,12% menuju level 96,116 pada pukul 12.45 WIB.

“Jatuhnya dolar AS sedikit membingungkan karena komentar Gubernur The Fed, Jerome Powell tidak menawarkan wawasan baru. Tetapi pasar berada dalam kondisi ketika greenback sensitif terhadap faktor-faktor potensial,” terang kepala strategi valas di Mizuho Securities, Masafumi Yamamoto, dilansir Reuters. “Selain itu, penguatan pound sterling juga turut membebani.”

Pada hari Selasa (26/2) waktu setempat, Jerome Powell menyampaikan testimoni di hadapan kongres perihal pendekatan bank sentral di tengah kemungkinan perlambatan . Ia kembali mengatakan bahwa The Fed tidak akan buru-buru untuk membuat penilaian terhadap kenaikan suku bunga, meski risiko dan lemahnya data tidak mungkin mencegah AS yang solid.

Di belahan dunia yang lain, pound sterling telah melakukan rally pada hari Selasa setelah Perdana Menteri Inggris, Theresa May, menawarkan anggota parlemen kesempatan untuk memilih menunda Brexit, membuka kemungkinan untuk menghindari pemisahan dari Uni Eropa tanpa kesepakatan. Kurs pound sterling sedikit berubah pada 1,3248 per dolar AS, setelah melonjak lebih dari 1% semalam ke posisi puncak dalam lima bulan.

Loading...