Dolar AS Tak Bertenaga, Harga Emas Hari Ini Naik Tajam

Invest Emas - www.gobankingrates.comInvest Emas - www.gobankingrates.com

New York saat ini berhasil menyentuh level tertinggi sejak Juni 2018, yakni melebihi level USD 1.300 per ounce. ini mengalami penguatan berkat AS yang melemah dan tengah fokus pada ketegangan serta kekhawatiran pertumbuhan global.

Menurut laporan Direktur Pelaksana RBC Wealth Management, George Gero, harga emas yang menguat mencerminkan ketidakpastian politik di Amerika Serikat, zona euro, Venezuela, dan Amerika Selatan, serta negosiasi yang terjadi antara negara China dengan Amerika Serikat.

Adapun harga emas untuk kontrak pengiriman Februari 2019 di Bursa Comex naik sebesar USD 18,30 atau 1,4 persen ke level USD 1.304,20 per ounce. Harga emas sempat diperdagangkan pada posisi USD 1.305,80. Harga emas untuk kontrak April 2019 menginjak level tertinggi sejak Juni. Selama sepekan ini harga emas telah melonjak hingga 1,2 persen.

“Dolar AS melemah jelang pertemuan FOMC pekan depan. Diharapkan the Federal Reserve akan tunda menaikkan melihat harapan pertumbuhan,” kata Fawad Razaqzada, Analis Forex.com seperti dilansir Marketwatch melalui Liputan6, Sabtu (26/1).

“Selain itu, yuan telah meningkat di tengah harapan atas resolusi dalam sengketa perdagangan AS-China. Dengan renminbi yang lebih kuat, konsumen Tiongkok dapat membeli lebih banyak emas dari pada sebelumnya,” sambung Razaqzada. Perlambatan ekonomi di China dinilai menopang harga emas karena dianggap sebagai salah satu aset safe haven.

Senada, harga emas batangan PT Aneka Tambang (Antam) Tbk pun hari ini, Sabtu (26/1), menguat tajam hingga Rp 10.000 dari Rp 658 ribu per gram menjadi Rp 668 ribu per 1 gram. Sedangkan harga pembelian kembali atau buyback emas Antam juga naik Rp 10 ribu dari yang sebelumnya Rp 580 ribu per gram jadi Rp 590 ribu per gram. Sementara itu, harga emas cetakan Antam di Pegadaian hari ini berada di angka Rp 690 ribu per gram, sedangkan untuk cetakan UBS harganya terpaut lebih murah, yakni Rp 655 ribu per 1 gram.

Loading...