Dolar AS Melemah, Harga Emas Menguat di Akhir Pekan

Harga emas - okezone.comHarga emas - okezone.com

New York – Pada akhir pekan ini bersinar seiring dengan pelemahan AS. Adapun harga untuk pengiriman April 2019 di divisi Comex dilaporkan mengalami kenaikan sebesar 5 atau 0,4 persen ke level 1.332,80 per ounce. Selama sepekan ini harga telah menguat hingga 0,8 persen. Pada Kamis pekan lalu harga sempat jatuh 1,5 persen dan jatuh dari level tertinggi dalam 10 bulan.

Hal tersebut terjadi karena para berpendapat bahwa Federal Reserve atau bank sentral Amerika Serikat masih mempertimbangkan untuk menaikkan acuan atau pernyataan kurang dovish pada hasil pertemuan Januari 2019. Analis menilai, pelaku pasar memanfaatkan risalah rapat sebagai kesempatan untuk melakukan aksi jual setelah harga emas menguat dalam beberapa waktu belakangan.

“Ini kelihatan investor keuangan mengambil untung sebagai bukti dana keluar atau aksi jual 3,7 ton dari emas ETF. Aksi jual pada Februari ini sekitar 24 ton. Secara teknikal, emas sudah jenuh beli sehingga penting untuk alami koreksi,” kata Analis Commerzbank, seperti dilansir Marketwatch melalui Liputan6, Sabtu (23/2).

Sedangkan Chief Market Strategist SIA Wealth Management, Colin Cieszynski mengatakan, harga emas melemah seiring dengan meningkatnya permintaan dalam beberapa tahun terakhir. “Ini masuk ke posisi tertinggi dekati USD 1.350, dan merupakan suatu hal normal bila koreksi,” ujarnya. Harga emas juga dipengaruhi oleh optimisme negosiasi dagang antara AS dengan China pada Jumat.

Sebagai , China merupakan salah satu pembeli barang yang aktif, termasuk emas. “Harga emas tampaknya sensitif dengan perkembangan negosiasi AS-China,” papar Naeem, Aslam, Chief Market Analyst ThinkMarkets FX.

Tak jauh berbeda, harga emas batangan PT Aneka Tambang (Antam) Tbk hari ini, Sabtu (23/2) terpantau naik sebesar Rp 2.000 dari Rp 673 ribu menjadi Rp 675 ribu per 1 gram. Kemudian untuk harga pembelian kembali atau buyback juga naik Rp 2.000 menjadi Rp 599 ribu per gram. Sedangkan di Pegadaian harga emas cetakan Antam berada di level Rp 697 ribu per gram dan emas cetakan UBS harganya Rp 662 ribu per gram.

Loading...