Diyakini Bertuah, Berapa Harga Perkutut Jambul?

Burung Perkutut Songgo RatuBurung Perkutut Songgo Ratu - bacaterus.com

JAKARTA – Selain memiliki yang khas, perkutut dalam Jawa juga dikenal sebagai kelas atas. Perkutut sendiri terdiri dari beragam jenis, dan salah satu yang cukup terkenal adalah perkutut jambul atau perkutut Songgo Ratu. Karena keberadaannya yang langka dan dikatakan punya aura mistis, perkutut jambul ini relatif mahal dibandingkan lainnya.

“Perkutut jenis ini memiliki jambul di kelapa berwarna putih seperti mahkota, sedangkan kaki, paruh, serta bulunya berwarna hitam,” tulis Liputan6. “Kicauan Songgo Ratu juga tidak begitu besar, tetapi lekukan suaranya seperti perkutut pada umumnya. Perkutut ini diyakini mampu menolak santet dan bisa mendongkrak kewibawaan pemiliknya.”

Sementara, menurut Bangsa Online, perkutut jambul adalah perkutut dari putra raja di Bali yang dahulunya melarikan diri ke Kota Banyuwangi karena dikejar musuh-musuh. Saat putra raja tersebut terbunuh ketika melarikan diri, dia menjelma menjadi perkutut (reinkarnasi) dan akhirnya dinamakan sebagai perkutut Songgo Ratu.

“Tanda atau ciri utama dari perkutut Songgo Ratu adalah bentuk fisik pada kepala berupa jambul, paru, dan kaki yang gelap,” tulis Bangsa Online. “Jenis perkutut bertuah ini juga memiliki habitat yang aneh, yaitu menyukai tinggal di area-area yang sepi seperti goa, kuburan, angker, dan sebagainya.”

Memiliki pesona mistis yang kuat serta keberadaan yang cukup langka, tidak mengherankan jika kemudian harga perkutut jambul cukup mahal. Di dalam negeri, ada yang menjual burung ini dengan harga mencapai Rp6 jutaan per ekor. Banderol ini hanya kalah dari perkutut kantong semar yang dilepas di kisaran harga puluhan juta rupiah.

Burung perkutut jambul ini bisa mendatangkan kewibawaan bagi pemiliknya dan bisa menjadi penolak santet atau ilmu hitam yang menyerang pemiliknya,” tulis Burungnya.com. “Namun, burung bertuah ini juga bisa menjadi pemicu datangnya suatu masalah dan menjadikan pemiliknya sebagai tumbal, seperti mudah kecelakaan, mudah sakit, dan lain sebagainya.”

Loading...