Disesuaikan Kebutuhan, Biaya Tambah Daya Listrik Dari 1300 Ke 2200 Watt Rp800 Ribuan

Setiap kenaikan daya tambah listrik, dibebankan biaya yang berbeda-beda, tergantung dari jumlah tambah daya listrik tiap pelanggan. Misalnya dari daya lama 1300 watt ke daya baru 2200 watt dikenai biaya BP atau biaya penyambungan sebesar Rp843.300. Namun biaya tambah daya listrik ini cukup dinamis.Biaya tambah daya listrik mulai dari Rp 800 ribu-an

selalu menjadi kebutuhan primer bagi hampir semua orang. Bahkan saking pentingnya komponen ini, beberapa orang justru membutuhkan lebih banyak daya. Semakin banyak perangkat yang ada di rumah memang mengharuskan Anda untuk menambah daya agar saat perangkat digunakan secara bersamaan bisa stabil.

Meski mengetahui bahwa menambah daya adalah hal yang penting, tapi masih banyak orang yang belum paham bagaimana caranya untuk menambah daya listrik dan yang harus ditanggungnya. Umumnya, bagi yang hendak menaikkan daya listrik, bisa mengajukan permohonan ke kantor terdekat, call center 123, atau form permohonan perubahan daya online. Khusus untuk pelanggan meteran lama pascabayar ( tagihan), hanya bisa dilayani di kantor setempat.

Sebagian masyarakat masih bingung saat akan melakukan tambah dan turun daya listrik PLN. Padahal, sudah ada cara mudah dan cepat yakni dengan memanfaatkan sistem online. Pelanggan hanya perlu membuka situs pln.co.id yang bisa diakses melalui desktop lalu pilih menu Pelanggan.

Sementara untuk biayanya, setiap kenaikan daya dibebankan biaya yang berbeda-beda, tergantung dari jumlah tambah daya listrik tiap pelanggan. Misalnya dari daya lama 1300 watt ke daya baru 2200 watt dikenai biaya BP atau biaya penyambungan sebesar Rp843.300. Atau dari daya lama 2200 watt ke 4400 watt biayanya semakin mahal, sebesar Rp2.131.800.

PT PLN (Persero) menyatakan bahwa masyarakat akan mendapat keuntungan atas pelaksanaan program penambahan daya listrik untuk golongan . Program penambahan daya listrik ini dimulai sejak awal tahun 2018 lalu secara bertahap.

Direktur Utama PLN Sofyan Basir menyebutkan, keuntungan pertama adalah masyarakat yang ingin menambah daya listrik tidak dikenakan kenakan biaya. Padahal, jika dikenakan biaya, uang yang dikeluarkan cukup besar. “Kita kasih gratis, kalau gede (biayanya),” kata Sofyan, dilansir dari Liputan6.

Meski begitu, penambahan daya listrik rumah tangga tidak akan dipaksakan. Sofyan mengatakan, rencana yang bermula dari PLN ini akan membebaskan masyarakat, apakah masyarakat membutuhkan penambahan daya listrik atau tidak. “Nanti ada sistem daftarnya, nggak dipaksakan. Bebas. Butuh dinaikin jadi 4.400 VA nggak? Kalau nggak butuh ya nggak dinaikin juga nggak apa-apa,” pungkasnya.

Sementara itu, Direktur Keuangan PLN Sarwono Sudarto mengungkapkan,‎ jika membayar untuk menambah daya dari 1.300 Volt Amper (VA) menjadi 5.500 VA mencapai Rp 4,4 juta, dari golongan‎ 2.200 VA menjadi mencapai Rp 3.120.000‎. Kisaran biaya tambah daya listrik ini bersifat dinamis (naik/turun), namun tidak terlalu signifikan perubahan harganya. Untuk informasi yang lebih akurat tentu bisa didapatkan melalui kantor PLN setempat, call center PLN 123, atau form permohonan perubahan daya PLN online.

Proses perubahan daya ini sendiri adalah minimal 5 hari dari saat pengajuan. Namun bila pelanggan ingin melakukan penambahan listrik maka waktu selesainya bisa mencapai 15 hari. Dan jika ada penambahan gardu maka waktu penyelesaiannya minimal 40 hari.

Loading...