Disebut Sebagai Buah Surga, Harga Buah Tin Dijual Mulai Rp50 Ribuan Per Kg

Buah Tin - (Sumber: pohontin.info)Buah Tin - (Sumber: pohontin.info)

Tin merupakan salah satu jenis musiman yang memiliki banyak untuk . Selain tinggi kalsium, buah ini juga memiliki sejumlah antioksidan dan serat dalam jumlah yang besar. Mengingat banyaknya yang ada buah Tin, masyarakat pun mulai melirik jenis ini. Di pasaran sendiri, buah Tin dijual sekitar Rp50 ribuan hingga Rp90 ribuan per kg.

Walaupun telah banyak dipublikasikan sebagai salah satu komoditas pertanian unggul, namun masih banyak masyarakat yang belum sadar akan potensi luar biasa yang dimiliki oleh buah Tin, baik dari segi manfaat ekonomis maupun manfaat bagi kesehatan. Karena pohon Tin masih jarang ditemukan di tengah masyarakat, membuat saat ini dalam beberapa varietas buah Tin masih melakukan dari luar negeri.

Dari segi harga, karena belum banyak petani Indonesia yang membudidayakan bibit buah Tin ini, mengakibatkan harga tanaman ini memiliki nilai yang cukup tinggi. Secara Nasional harganya bervariasi karena beberapa faktor yang mempengaruhi, yakni jenis varietas buah yang dijual serta ketersediannya di pasar.

Harga termurah yang dapat dijumpai adalah jenis varietas Purple Jordan, Green Jordan, dan Brown Turkey yang berkisar Rp50 ribuan. Akan tetapi ketika buah ini sulit ditemukan di pasaran, maka dalam kondisi segar harganya akan melonjak 200% hingga 300% lebih.

Selain bisa dikonsusmi dalam keadaan buah segar, Tin juga dapat dinikmati manfaatnya dalam kondisi yang sudah diolah atau kering. Namun jangan heran jika harganya lebih mahal daripada buah Tin segar. Harga termurahnya saat ini berkisar Rp50 ribu per 100 gram. Bahkan untuk merek dan varietas tertentu harga buah Tin kering dapat mencapai Rp100 ribu hingga Rp200 ribu per 100 gram.

Pada beberapa kesempatan, daun pohon tin kering ini juga ada yang diolah menjadi teh daun tin. Inilah bahan baku minuman berbasis daun Tin yang telah diramu dengan beberapa jenis rempah, yang dipasarkan dalam kemasan teh tin tubruk dan teh tin celup.

‘’Banyak manfaat tin ini, selain buahnya bisa kita nikmati dalam kondisi segar, daunnya juga bisa dibuat teh. Manfaat daun teh tin untuk kesehatan cukup banyak karenanya saya lebih banyak menanam pohon tin,’’ ujar Morris Rizat, salah seorang pembudidaya buah Tin, seperti dilansir oleh Riaupos.

Selain bisa dikonsumsi secara langsung untuk mendapatkan manfaat baik dari buah Tin. Tanaman yang juga dikenal dengan sebutan buah Ara ini juga bisa dimanfaatkan untuk kesehatan kulit dan . Bahkan beberapa klinik skincare pun juga banyak yang memanfaatkan ekstrak buah Tin dalam sejumlah produknya. “Manfaat buah Tin juga dapat membantu mengatasi masalah jerawat dan mencerahkan kulit,” kata dr Ika Yuswadheru, Direktur PT Aishaderm Najma Indonesia.

Loading...