Disebut Mampu Tingkatkan Perkembangan Kognitif Anak, Tarif Penitipan Anak di Jakarta Variatif

Tarif, jasa, biaya, penitipan, anak, babysitter, pengasuh, daycare, kelebihan, premium, ekonomi, kelas, penelitian, perkembangan, keluarga, orang tua, full time, gaji, pengajar, terlatih, pengetahuan, kognitif, profesional, pendaftaran, bulanan, perkotaan, sibuk, mobilitas, day careIlustrasi: aktivitas di penitipan anak (sumber: theodisseyonline.com)

Saat ini, sudah jamak kita temui pasangan muda yang sama-sama bekerja dan terpaksa meninggalkan -anak mereka di rumah. Dilema meninggalkan di rumah untuk mencari nafkah di luar rumah menjadi isu klasik para orang tua muda di , termasuk .

Hidup di perkotaan sebagai masyarakat urban, agak sulit mengandalkan bantuan keluarga dekat atau tetangga untuk dimintai tolong menjaga anak-anak ketika si orang tua kerja. Apalagi bila status Anda adalah perantauan dan tidak memiliki sanak saudara dekat. Jalan keluar yang banyak ditempuh oleh para orangtua bekerja adalah memakai jasa pengasuh anak alias babysitter, baik pengasuh anak full time maupun pengasuh anak pulang pergi.

Akan tetapi, kemunculan banyak kasus yang melibatkan para babysitter yang berisiko mencelakai anak yang diasuh, melahirkan banyak ketakutan pada para orangtua. Akhirnya, tidak sedikit orangtua yang memilih menitipkan anak ke jasa penitipan anak alias daycare. menitipkan anak pada pengasuh anak atau daycare sering menjadi topik yang tidak habis-habis dibicarakan oleh para orangtua.

Saat ini, prospek bisnis jasa tempat penitipan anak sangat cerah. Hal ini karena banyaknya orang tua yang super sibuk sehingga tidak sanggup dan tidak punya banyak waktu mengurus anaknya.

Bisnis ini pun menyasar golongan menengah ke atas yang notabene adalah orang super sibuk dalam pekerjaannya. Sayangnya, bisnis ini hanya bisa dijalankan di perkotaan saja. Sebab, di pedesaan sangat jarang, bahkan tidak ada orang tua yang super sibuk seperti halnya di perkotaan.

Adapun daycare atau tempat penitipan anak menetapkan tarif yang beragam. Di Jakarta dan sekitarnya, tersedia berbagai macam pilihan daycare mulai yang premium dengan biaya Rp 10 juta hingga Rp 12 juta per bulan per anak hingga bawah dengan tarif mulai Rp 2 juta per bulan. Daycare juga biasanya menetapkan biaya pendaftaran, biaya bulanan, biaya ekstra bila terlambat menjemput, dan lain sebagainya.

Ada beragam kelebihan yang ditawarkan oleh jasa penitipan anak, seperti fasilitas permainan yang lengkap untuk anak dan makan siang yang telah disusun sedemikian rupa untuk Si Kecil. Selain itu, daycare juga menyediakan pengajar atau pengasuh anak yang sudah terlatih dan profesional dalam menangani anak.

Yang paling penting, daycare juga mengutamakan interaksi sehingga anak bisa beradaptasi terhadap orang lain dan pengalaman baru yang mungkin tak dijumpai di rumah. “Dengan rutin berinteraksi, tentu dapat mengembangkan kemampuan anak dalam hal dan membina hubungan dengan orang lain,” demikian dilansir Nakita.

Daycare dengan kurikulum berbasis konten, seperti sains, studi sosial, dan matematika dapat membangun pengetahuan akademis Si Kecil dan meningkatkan perkembangan kognitifnya.

Hal ini ternyata diamini oleh sebuah penelitian baru-baru ini yang dilakukan di Perancis, yang menyebutkan bahwa anak yang dititipkan di daycare akan berkembang lebih baik daripada anak yang diasuh oleh keluarga atau kerabat dekat.

Loading...