Disebut Buah Surga, Berapa Harga Buah Tin Segar di Pasaran?

Buah Tin - www.tovima.grBuah Tin - www.tovima.gr

tin, atau ara, adalah yang dikenal sebagai surga, karena ini tercantum dalam salah satu surat di kitab suci Al Quran. Selain itu, yang bisa dikonsumsi sebagai segar maupun dalam bentuk herbal tersebut diklaim memiliki beragam nutrisi penting yang baik untuk tubuh. Di , tin segar ditawarkan dengan mencapai ratusan ribu per kilogram.

“Buah tin memiliki rasa yang manis, dan bisa dinikmati langsung seperti memakan buah pada umumnya. Buah ini pasti berkhasiat karena namanya tercatat dalam Al Quran,” ujar Fatimah, Makmur yang berlokasi di Cakranegara, Mataram. “Harganya mencapai Rp200 ribuan lebih per kg, tetapi kami juga menyediakan buah tin dalam yang lebih kecil, yaitu Rp35 ribuan dan Rp70 ribuan.”

Di pasaran sendiri, sudah banyak ditemui yang menjual buah tin segar. Salah satu menawarkan buah ini dengan harga mulai Rp445 ribuan per kilogram, sedangkan harga per buah sekitar Rp35 ribuan sampai Rp65 ribuan. Jika sudah dalam bentuk kering, harga buah tin ditaksir Rp175 ribuan per 500 gram hingga Rp325 ribuan per kg.

Sementara itu, salah satu pembudidaya buah tin, Rakianing Djati, menuturkan bahwa dirinya memilih membudidayakan buah ini karena banyak dicari. Bibit buah tin milik Rakia di Cilacap berukuran 40 cm sampai 50 cm sekarang dengan harga mulai Rp130 ribuan hingga Rp150 ribuan per pohon. Bibit buah tin long yellow memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan red Israel.

“Dalam sehari, saya bisa menjual minimal satu sampai dua polybag,” kata Rakia. “Kalau pesanan sedang ramai, saya bisa menjual sampai lima polybag per hari, dengan pelanggan pembeli bibit buah tin kebanyakan berasal dari luar Pulau Jawa, seperti Kalimantan, Sumatera, dan Nusa Tenggara Barat atau NTB. Kebetulan, bibit saya hanya dua jenis itu.”

Loading...