Dirancang Untuk Mengurangi Slip Saat Memanjat, Harga Sepatu Panjat La Sportiva Rp2 Jutaan

Harga, sepatu, panjat, memanjat, kegiatan, olahraga, wall climbing, climbing, bouldering, atlet, model, La Sportiva Cobra, La Sportiva Miura VS, La Sportiva Phyton, La Sportiva Solution, dijual, keamanan, chalk bag, tepung, magnesium, pria, wanita, manfaat, adrenalin, dinding, tali, harnest, medan panjat, kekuatan, otot, kesehatan, rock climbing, climbing shoesPemanjat tebing tampak dari bawah (sumber: outdoornirvana.com)

Jika Anda sudah mulai bosan dengan olahraga yang itu itu saja, coba olahraga yang lebih seru dan menantang seperti wall climbing atau bouldering. Berbeda dengan mendaki , wall climbing adalah olahraga panjat tebing yang medianya sudah dimodifikasi dari tebing (rock climbing) menjadi papan buatan atau yang tidak kalah menantang.

Bouldering, salah satu olahraga yang diadaptasi dari rock climbing, tanpa menggunakan pengaman berupa tali dan harnest. Olahraga ini biasanya dapat dilakukan di dalam ruangan dengan menggunakan dinding yang dipasang point-point untuk memanjat.

Seorang bouldering Jabar, Amri menuturkan, olahraga bouldering ini cukup sederhana karena hanya menggunakan pengaman berupa matras tebal, tidak menggunakan tali. Ia menjelaskan, yang diperlukan hanyalah sebuah chalk bag dan sepasang sepatu khusus untuk memanjat. Sepatu tersebut memiliki sol tipis dan berbentuk agak melancip di ujungnya.

“Tepung magnesium tersebut digunakan agar tangan tetap kering dan tidak licin oleh keringat ketika memanjat. Bagi pemula, sebaiknya menggunakan jalur vertikal, tidak terlalu miring, karena tingkat kesulitan akan bertambah tergantung kemiringan medan panjat,” ucap Amri.

Ia menambahkan pemanasan menjadi hal yang perlu untuk dilakukan sebelum memanjat. Stretching dilakukan pada bagian lengan dan kaki untuk menghindari kram ketika memanjat. Untuk meningkatkan kemampuan panjat, latihan seperti pull up juga harus dilakukan oleh pemanjat.

“Semakin lentur tubuh seseorang, biasanya akan semakin mudah untuk memanjat. Untuk pemula, idealnya berlatih sebanyak 3 kali dalam seminggu,” jelas Amri. Bagi Anda yang ingin mengisi waktu luang sambil melatih kekuatan otot, olahraga bouldering ini bisa menjadi salah satu . Olahraga ini juga tak hanya bisa dimanfaatkan oleh pria, wanita pun tak salah jika ingin mencobanya.

Seperti yang dijelaskan di atas, untuk melakukan olahraga wall climbing atau bouldering cukup sederhana dan membutuhkan peralatan seperti chalk bag dan sepatu khusus untuk memanjat.

Dengan memiliki sepatu panjat terbaik, maka akan sangat membantu para pemanjat untuk bisa melalui berbagai macam jalur. Sepatu panjat memiliki tugas melindungi kaki dari permukaan tebing yang tajam dan juga membantu memaksimalkan fungsi kaki ketika sedang climbing.

Dengan memakai climbing shoes, maka sekecil apapun pijakan yang ditemui bisa digunakan untuk membantu Anda memanjat. Selain itu, bisa membuat tumpuan kaki terfokus pada satu titik dan mau bagaimanapun bentuk injakannya tetap bisa dipijak.

Climbing shoes atau sepatu panjat ini memang dirancang untuk mengurangi slip ketika memanjat. Konstruksi bagian depan memiliki desain yang dibuat dari bahan karet khusus seperti ban sepeda motor untuk balapan. Bahan karet yang dipakai ini memiliki ciri masing-masing pada tiap .

Nah, di pasaran sendiri sudah banyak brand yang memproduksi sepatu panjat. Salah satu yang populer adalah merk La Sportiva. La Sportiva adalah sebuah sepatu panjat terbaik yang memiliki lokasi pabrik di Italia. Merk ini diketahui sudah dipakai oleh beberapa atlet seperti Patxi Usbiaga, Akiyo Naguchi dan Jain Kim yang selalu menggunakan sepatu keluaran La Sportiva ketika mereka menghadapi kompetisi kelas dunia.

sepatu panjat La Sportiva cukup beragam, sesuai dengan modelnya. La Sportiva Cobra dijual dengan Rp1,8 jutaan, La Sportiva Phyton ditawarkan dengan Rp2 jutaan, La Sportiva Miura VS dibanderol seharga Rp2.350.000, kemudian model La Sportiva Solution dijual dengan Rp2,5 jutaan.

Loading...