Diproduksi Pabrikan Terkenal, Harga Oishi Pillows dan Sponge Rp8 Ribuan

Berbagai varian Oishi pillow (sumber: Tokopedia)Berbagai varian Oishi pillow (sumber: Tokopedia)

Bagi Anda yang doyan ngemil tentu sudah tidak asing dengan cemilan Oishi. Oishi Pillows and Sponge ini tersedia di pasaran, mulai dari tradisional, toko kelontong, minimarket seperti Alfamart dan Indomaret, hingga supermarket. Snack coklat dan ubi ini dijual dengan terjangkau, yakni di kisaran Rp8 ribuan.

Oishi diproduksi oleh perusahaan asal Tiongkok, yakni Liwayway. Sejak mantan Presiden Tiongkok Deng Xiaoping berpidato di Tiongkok Selatan pada tahun 1992, Tiongkok memasuki era perkembangan yang pesat, ini juga menyediakan peluang bagi banyak perusahaan modal asing. Liwayway atau dikenal juga Oishi adalah salah satunya. Perusahaan ini adalah perusahaan terkenal di pasar kecil Tiongkok.

Wakil CEO perusahaan Liwayway, Li Peiming dengan bangga mengatakan bahwa Liwayway adalah perusahaan yang sukses, dan adalah perusahaan modal Filipina yang sukses karena hampir semua orang tahu merek mereka.

Makanan merek Oishi memasuki pasar Tiongkok sejak tahun 1993. Dengan perkembangan selama 20 tahun, perusahaan Liwayway ini telah menjadi perusahaan yang terkenal di Tiongkok dengan karyawan 8 ribu orang. Pabrik dan badan cabangnya tersebar di 20 lebih kota di Tiongkok. Perusahaan ini menjual permen, kue kecil dan minuman non soda. ini tidak saja digemari di pasar Tiongkok, juga digemari di pasar Asia Tenggara bahkan Eropa dan AS.

Perkembangan perusahaan di Tiongkok tidak lepas dari reformasi dan keterbukaan Tiongkok. Komisaris Utama perusahaan ini Larry Chan mengatakan bahwa keterbukaan Tiongkok adalah peluang yang baik supaya pasar Tiongkok membesar. Masa lalu kami hanya memperhatikan pasar di pesisir Laut, tapi sekarang di pedalaman Tiongkok, proporsi pasar kami juga membesar.

Sejak memasuki pasar makanan kecil, merek dan kualitas selalu adalah inti yang diperhatikan perusahaan Liwayway. Li Peiming mengatakan bahwa perusahaan mereka selalu menyediakan makanan yang sehat dan kepada konsumen.

Selain menyediakan makanan yang sehat dan lezat, perusahaan ini dengan positif melaksanakan tanggung jawab sosial. Untuk hemat energi dan mengurangi emisi, perusahaan ini mengucurkan jutaan Yuan untuk memperbaiki lingkungan perkantoran dan produksi, hemat tenaga listrik dan energi produksi, sementara itu meningkatkan pemrosesan kebersihan air buangan. Perusahaan ini masih menyumbangkan dana untuk usaha amal Tiongkok.

Seiring dengan pertumbuhan pasar Tiongkok, perusahaan ini juga menghadapi tantangan karena pengaturan struktur nasional. Meskipun peningkatan pendapatan kapasitas Tiongkok memberi tekanan kepada biaya tenaga kerja perusahaan, tapi Larry Chan bersikap optimistis.

“Naiknya gaji bermanfaat bagi perkembangan pasar pada masa depan, kami bersikap pro, saya berpendapat bahwa peningkatan level kehidupan rakyat adalah jalan yang tepat bagi Tiongkok. Dalam masa pendek hal ini memang memberi tekanan kepada perusahaan, namun mempunyai keuntungan bagi pasar konsumsi dalam jangka panjang,” ujarnya.

Dewasa ini, perubahan pola pertumbuhan ekonomi sedang menjadi kata kunci dalam pembangunan sosial Tiongkok. Li Peiming berpendapat, yang perlu mengubah polanya bukan hanya perusahaan Tiongkok, perusahaan modal asing di pasar Liwayway relatif stabil. “Kami menantikan pertumbuhan pasar Tiongkok, perluasan pasar Tiongkok adalah peluang bagi Liwayway,” pungkas Peiming.

Loading...