Diperuntukkan TNI, Susu Imukal Masih Kerap Dijual dengan Harga Murah

Susu Imukal - pelangidunia21.blogspot.co.idSusu Imukal - pelangidunia21.blogspot.co.id

Ransum atau imukal pada dasarnya merupakan dan minuman instan yang menjadi jatah prajurit TNI dan diperoleh gratis sebelum melakukan , latihan, atau kegiatan lainnya. Akan tetapi hingga kini banyak yang memperjual-belikan imukal dengan yang relatif terjangkau, hanya berkisar antara Rp 3.000 hingga Rp 5.000 saja per sachet.

Sebagai informasi, susu imukal ini terdiri dari beberapa varian, yakni Imukal A (rasa cokelat) dan Imukal B (rasa vanilla). Selain bijian per bungkus, beberapa pedagang jual menjual imukal per dus isi 26 sachet dengan harga berkisar Rp 150 ribuan. Imukal sendiri menjadi salah satu asupan berkalori tinggi dan memiliki kemampuan untuk meningkatkan imunitas tentara, serta diklaim mengandung bahan alami glikosaminoglikan yang dapat menyusun kembali jaringan kartilago sendiri, sehingga mencegah risiko osteoarthritis dan osteoporosis.

Produk susu sereal khusus TNI ini sebenarnya telah mencantumkan tulisan dilarang diperjualbelikan, namun pada kenyataannya masih banyak produk ransum atau imukal yang beredar bebas di pasaran sipil. Bahkan beberapa penjual juga kerap menawarkannya di beberapa e-commerce besar yang ada di . Meski demikian, kabarnya mencari imukal memang cukup sulit, karena biasanya hanya muncul beberapa bulan sekali.

“Cukup susah mencari imukal karena imukal ini dikhususkan untuk anggota dan PNS TNI, tidak untuk umum. Pembagiannya pun setiap 4 bulan sekali dengan per anggota 72 sachet atau dengan kata lain jatah setiap anggota 1 sachet per hari. Jika ada untuk umum, itu pun stoknya terbatas cepat ludesnya karena banyak peminat,” kata salah satu konsumen.

Dari segi rasa, imukal kabarnya memiliki rasa dan tekstur yang hampir mirip dengan susu sereal yang beredar di pasaran. Bedanya, tekstur imukal sedikit cair dan memiliki rasa yang lebih manis. Karena wujudnya seperti suplemen, yang ditawarkan produk ini pun cukup banyak dan disebut-sebut cocok dikonsumsi sebelum atau sesudah olahraga agar dapat mempercepat proses pemulihan sel tubuh.

Tak hanya susu, beberapa ransum TNI juga ada yang berwujud seperti biskuit, nasi kaleng, minuman instan seperti kopi, dan masih banyak lagi. Kandungan kalori imukal pun telah disesuaikan dengan kebutuhan tentara, sehingga kurang cocok juga dikonsumsi secara rutin. “Ransum itu kan diramu untuk anggota TNI. Kalau nggak salah proteinnya tinggi banget kayak susu fitness. Kalau yang nggak biasa, biasanya susah BAB atau malah mencret,” kata salah satu member di forum Kaskus.

Loading...