Diperuntukkan Pekerja Kreatif, Harga Adobe Photoshop Original Capai Belasan Juta Rupiah

Adobe Photoshop Original - gfxtorrent.ruAdobe Photoshop Original - gfxtorrent.ru

Adobe Photoshop telah lama dikenal sebagai software yang mendukung kegiatan di seluruh , termasuk Indonesia. Meski sudah banyak beredar software bajakan, beberapa instansi atau perusahaan biasanya masih membutuhkan software Adobe Photoshop original. Adobe Photoshop Original pun memang relatif mahal.

Berdasarkan penelusuran dari beberapa toko komputer, harga Adobe Photoshop CS5 V12 original berkisar Rp 9,9 jutaan, sedangkan yang lebih baru, yakni Adobe Photoshop CS6 harganya mencapai Rp 10,9 jutaan, lalu ada Adobe Photoshop CC (Creative Cloud) 1 tahun seharga Rp 5,6 jutaan.

Adobe Creative Suit 6 sendiri diluncurkan di Indonesia sejak tahun 2012 lalu dan hingga kini masih menjadi software desain yang begitu diminati oleh para pekerja di bidang kreatif. “Dirilisnya ini membangun reputasi kami sebagai inovator software dengan memberdayakan para pekerja kreatif Indonesia,” kata Mark Phibbs, Senior Director Marketing, Adobe Systems, Asia Pacific, seperti dilansir Kompas.

Lewat Creative Suit 6, Adobe menawarkan dukungan yang lebih baik untuk mereka yang menggarap web dengan standar HTML 5, termasuk penggunaan Flash Professional Toolkit for CreateJS. Selain itu, Adobe juga mengenalkan Adobe Creative Cloud baru yang tersedia untuk sejumlah tertentu saja. Adobe CC adalah layanan berbasis awan untuk para pekerja industri kreatif.

Di Indonesia sendiri untuk software sebenarnya ada beberapa macam, yakni software counterfeit (palsu), bajakan, dan original. Menurut Sekretaris Jenderal Masyarakat Indonesia Anti-Pemalsuan Justisiari P. Kusumah, counterfeit mengacu pada tiruan barang asli yang dibuat tanpa izin. Sedangkan bajakan adalah tindak penggandaan ilegal untuk tujuan komersil, misalnya menginstal software di banyak komputer sekaligus, melebihi yang diizinkan dalam lisensi pemakaian.

“Barang counterfeit biasanya ada istilah ‘KW’ 1,2 atau 3 (untuk menunjukkan tingkat kemiripan dengan produk asli), tapi di software tidak ada karena sama. Ini sulit dideteksi,” jelas Software Asset Management Microsoft, Sudimin Mina.

Oleh sebab itu bagi masyarakat yang hendak membeli software Adobe Photoshop atau software asli lainnya wajib untuk lebih cermat dan waspada. Biasanya software asli menggunakan cover yang lebih representatif dan dilengkapi dengan stiker distributor serta buku manual hingga hologram khusus.

Loading...