Diperlukan dalam Proses Hibah, Berapa Biaya Pembuatan Akta Hibah?

Biaya Pembuatan Akta - www.washingtonpost.comBiaya Pembuatan Akta - www.washingtonpost.com

Dalam kepemilikan , entah itu tanah atau bangunan, umum dikenal istilah hibah. Hibah harus memenuhi apa yang telah diatur dalam Pasal 1666 KUHPerdata, di mana hibah adalah pemberian oleh seseorang pada orang lain secara cuma-cuma dan tidak dapat ditarik kembali, atas -barang bergerak maupun tidak bergerak saat pemberi hibah masih hidup, karena si pemberi hibah bertindak secara aktif menyerahkan kepemilikan pada si penerima hibah.

Seperti dilansir Hukumonline, karena sifatnya gratis, maka sang pemberi hibah bebas dari PPh, asalkan hibah dilakukan dari orang tua ke anak dan sebaliknya. Tetapi apabila dilakukan antar saudara kandung atau ke orang lain, maka tetap dikenai PPh layaknya jual beli. Kemudian penerima hibah juga tetap diwajibkan membayar BPHTB (Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan) hibah.

hibah sendiri perlu dibuktikan dengan akta yang dibuat oleh PPAT. akta hibah harus dihadiri oleh para pihak yang melakukan yang bersangkutan dan disaksikan oleh sekurang-kurangnya 2 orang saksi yang memenuhi syarat untuk bertindak sebagai saksi dalam perbuatan tersebut.

Adapun untuk proses pembuatan akta hibah, pemberi hibah harus melengkapi tanah serta pemberi dan penerima hibah. Dokumen yang dibutuhkan antara lain dokumen asli sertifikat tanah dan asli SPPT serta STTS PBB 5 tahun terakhir, lalu fotokopi KTP suami/istri, kartu keluarga, akta nikah, akta kelahiran apabila hibah dilakukan dalam garis lurus ke atas/ke bawah satu derajat.

pembuatan akta hibah di notaris sendiri bisa berbeda-beda, tergantung dari hasil kesepakatan dengan pihak notaris. Tetapi di -wilayah tertentu yang masih kurang PPAT, akta hibah juga bisa dibuat di camat yang bertindak atau memiliki kewenangan sebagai PPAT sementara.

Sayangnya pembuatan akta hibah di pejabat setempat kini kadang masih ditemui praktik pungli dengan nominal biaya yang dirasa cukup memberatkan masyarakat. Padahal kabarnya akta hibah ini tidak dikenai biaya, alias gratis. “Menurut ketentuan undang-undang untuk pelayanan kepada masyarakat tidak ada dikenakan biaya atau pungutan apa pun, termasuk untuk mengurus akta hibah,” kata Kapolres Metro Bekasi Kota Kombes Umar Surya Fana seperti dilansir Detik.

Loading...