Dipercaya Sebagai Obat Anti Stres Untuk Tanaman, Harga Vitamin B1 Dijual Rp 20 Ribuan

Merawat Tanaman - (Sumber: pace.oregonstate.edu)Merawat Tanaman - (Sumber: pace.oregonstate.edu)

Sebagai makhluk hidup, juga memerlukan perhatian. Salah satu bentuknya adalah dengan memberikan , , bahkan vitamin. Hal tersebut ditujukan supaya pertumbuhannya baik, terlebih jika itu merupakan penghasil , atau bunga.

Salah satu hal yang dibutuhkan tanaman adalah vitamin B. Vitamin diberikan untuk beberapa tujuan yang akan mendukung . Selain itu, vitamin juga diperlukan apabila Anda termasuk yang sering mengganti media tanaman.

Salah satu merek vitamin tersebut adalah Liquinox Start yang merupakan pupuk yang mengandung vitamin B1. 1 buah produk vitamin B1 untuk tanaman tersebut dijual Rp 20.000, dalam kemasan botol dengan berat 120gr, isi 100ml.

Liquinox Start adalah pupuk cair yang dapat membantu pertumbuhan tanaman. Dengan kandungan B1, substansi yang menyerupai hormon organic yucca extract, zat besi dan fosfor. Produk tersebut berfungsi khusus untuk merangsang pertumbuhan akar dan mengurangi stress akibat pemindahan tanaman.

Cara pemakaian adalah dengan mencampurkan 1 sendok makan Liquinox Start ke dalam 2 liter air, kemudian rendam di sekitar tanaman yang dicampur dengan cairan ke area perakaran. Berikan setidaknya 2 sampai 3 kali.

Di bidang pertanian, vitamin B1 dikenal banyak , misalnya sebagai anti stres. Seperti yang dilakukan Dr. M. Hendrarko, Sp Kj, dokter ahli jiwa yang juga penangkar buah-buahan di Malang, Jawa Timur.

Ia biasa melarutkan 2 tablet 50-100mg vitamin B1 dalam satu liter air lalu menyiramkan pada lengkeng, mangga dan jambu air. Tujuannya supaya tanaman tidak stres saat ganti pot atau pindah lahan.

“Tanaman tetap segar meski akar terpotong dan media diganti,” kata psikiater lulusan Universitas Airlangga tersebut.

Dengan menggunakan produk vitamin tersebut, pertumbuhan akar menjadi lebih cepat daripada tidak disiram vitamin B1.

Perkara obat manusia yang bermanfaat bagi dunia pertanian, diakui oleh Ir. Edhi Sandra, MSi, staf pengajar fisiologi tanaman di Fakultas Kehutanan Institut Pertanian Bogor. Menurutnya, apabila dilihat dari penyusunnya, maka manusia dan tumbuhan merupakan kerabat.

“Meski bentuk organ berbeda, manusia dan tumbuhan sama-sama tersusun dari sel,” kata kepala unit kultur jaringan di Departemen Konservasi Sumberdaya Hutan dan Ekowisata IPB itu.

Perbedaannya terletak di dinding sel, jika manusia dan hewan tidak memiliki, tumbuhan memiliki dinding sel. Karena itu, pada tingkat sel, respon manusia dan tumbuhan sangat mirip.

“Secara umum, pengaruh faktor luar terhadap setiap sel sama,” kata Edhi. Peran tiamina pada sel tumbuhan adalah mempercepat pembelahan sel pada meristem akar, koenzim dalam pembentukan energi dari karbohidrat dan merangsang pembentukan organ baru.

Edhi juga selalu menambahkan beragam vitamin B1, B6, B12 yang merupakan bagian dari vitamin B Kompleks, dan juga vitamin E pada media kultur jaringan untuk mendukung pertumbuhan tanaman kultur.

Loading...