Dipercaya Membantu Pasangan, Produk Pelumas Vigel Harganya Rp 16.875 di Apotik

Pelumas Vigel - (Sumber: tokopedia.com)Pelumas Vigel - (Sumber: tokopedia.com)

Bagi pasangan yang menginginkan kehamilan, atau mengalami gangguan dalam berhubungan, tidak jarang menggunakan cairan atau gel lubrikasi untuk mengatasi pada alat vital wanita. Tetapi, bukan hanya wanita saja yang menggunakannya, kaum pria juga menggunakan pelumas.

Menurut psikolog Elizabeth Santosa, ada beberapa faktor yang menyebabkan alat vital menjadi kering, antara lain karena faktor usia yang bertambah, kondisi biologis atau bawaan yang tidak memungkinkan wanita menghasilkan cairan lubrikasi yang cukup.

Kurangnya pemanasan juga menjadi salah satu lubrikasi berkurang. “Contohnya saat Anda dan pasangan ingin melakukan singkat, tetapi pasangan belum siap,” kata Elizabeth.

Dari faktor eksternal, seperti merasa tidak fit, wanita kurang percaya diri, atau kebosanan dalam melakukan hubungan juga membuat keinginan menurun yang akhirnya lubrikasi tidak terjadi.

saat berhubungan sering disebabkan oleh lubrikasi yang tidak cukup,” ujarnya.

Penggunaan lubrikan atau pelumas yang dijual di apotik atau toko obat direkomendasikan. Ada beberapa merek pelumas yang beredar di pasaran. Salah satunya merek Vigel Gel. Untuk harganya sendiri, Vigel Gel ukuran 30gram atau termasuk ukuran yang kecil dijual dengan Rp 16.875 per tube. Anda dapat menemukan pelumas tersebut di apotek. Salah satu apotik yang menyediakannya adalah K24.

Selain Vigel Gel, terdapat beberapa pelumas yang dijual di apotik, di antaranya Durex Play ukuran 50ml, Ky Jelly Personal Lubricant 100 dan 50 G. Rata-rata harganya ada di kisaran Rp 36.847-Rp 72.338. Apotik K24 termasuk yang menyediakan Durex Play.

Disarankan sebaiknya memilih lubrikan berbahan dasar air atau ‘water based lube’, sehingga aman digunakan bagi pemilik kulit sensitif. “Lubrikan berbahan dasar air juga memiliki keunggulan mudah dibersihkan, tidak merusak penggunaan kondom, dan memiliki fungsi yang hampir menyerupai cairan lubrikasi alami,” kata Sutan Musa, Brand Manager Kondom Fiesta.

Merek Fiesta dapat juga dijadikan referensi sebagai pelumas, yaitu Fiesta Lubricant yang dijual seharga Rp 21 ribuan.

Berbeda pendapat dengan psikolog Elizabeth, sebuah penelitian di New York menemukan bukti bahwa cairan pelumas bisa membahayakan dan mengurangi kemungkinan hamil.

“Cairan lubrikasi yang tersedia di Walmart, bukanlah cairan yang seharusnya digunakan pasangan ketika mereka berusaha memiliki bayi,” kata Kazim R Chohan dari Andrology Laboratoty di State University of New York Upstate Medical Center, Syracuse.

Chohan menjelaskan dalam jurnal ‘Fertility and Sterility’ bahwa beberapa penelitian menunjukkan wanita yang berusaha hamil cenderung menderita kekeringan di alat vitalnya.

“Pelumas coital komersial telah salah dianggap untuk mempertahankan kesuburan,” katanya.

Dalam penelitian ini motilitas atau gerakan sperma diperiksa. Di dalam tabung reaksi sperma ini diberikan lima gel komersial dan empat minyak yang umum digunakan. Sampel diambil dari 22 donor sehat tersebut diperiksa selama satu jam dari paparan masing-masing produk.

Semua pelumas komersial kecuali Pre-Seed, yang merupakan produk yang diformulasikan untuk pasangan yang mencoba hamil mengalami gangguan gerak secara keseluruhan serta bergerak maju. Selain Pre-Seed dan dua K-Y gel yang diteliti, penelitian juga menggunakan K-Y Warming Jelly dan Astroglide.

Loading...