Dipercaya Bertuah, Harga Jual Cicak Ekor Dua Tembus Rp50 Juta

Harga Jual Cicak Ekor Dua

Layaknya Timur lainnya, sebagian di Indonesia memang masih percaya pada mitos-mitos gaib mengenai sesuatu, terutama yang terbilang ‘aneh’ atau ‘ganjil’. Cicak dengan ekor dua atau bercabang misalnya, jika seseorang memiliki tersebut, dipercaya mampu memenangkan perjudian, bahkan bisa memiliki banyak istri. Karena itu, tidak heran jika binatang ini bisa menembus angka puluhan juta .

“Saya memiliki cicak dengan buntut tiga sejak Mei 2013 lalu, sedangkan cicak dengan ekor dua baru saya miliki pada bulan Oktober 2013,” ujar Ranno Jonfrid Siae, salah satu warga Danau Lais, Kecamatan Kahayan Hilir, Kabupaten Pulau Pisau, Kalimantan Tengah. “Cicak berekor dua ini saya tangkap berdasarkan dari tetangga, yang awalnya mengatakan ada cicak berkepala dua.”

Masing-masing cicak ‘’ tersebut kemudian disimpan Ranno di dalam sebuah wadah tertutup. Tidak hanya itu, setiap wadah sebagai rumah cicak itu diberi sejumlah uang sebagai salah satu syarat agar binatang yang dipelihara tidak hilang. “Selama memelihara cicak ini, saya seringkali mendapatkan rezeki tidak terduga. Tetapi, semua itu tergantung dari kepercayaan masing-masing orang,” katanya.

Cicak dengan ekor atau buntut bercabang memang sangat langka dan sulit didapatkan. Pasalnya, tidak setiap cicak menghasilkan dengan ekor bercabang. Biasanya, ekor cicak yang bercabang ini disebabkan adanya kesalahan genetik ketika cicak masih dalam bentuk embrio. Ada banyak cicak bercabang, salah satu yang terkenal adalah cicak bercabang dua dari ujung ekor sampai pada bagian pangkal ekor.

Karena keunikan cicak ini, banyak yang kemudian percaya bahwa binatang tersebut dapat memberikan tuah bagi pemiliknya yang senang bermain judi. Masyarakat Melayu percaya bahwa siapa saja yang mempunyai atau menyimpan cicak ekor bercabang, akan selalu menang dalam permainan. Karena itu, cicak ini kemudian ditawarkan dengan harga sangat tinggi, mulai Rp300 ribuan hingga menyentuh angka Rp50 jutaan.

Loading...