Dipercaya Bermanfaat Menurunkan Berat Badan, Berapa Harga Cuka Apel di Giant?

Ilustrasi : Cuka Apel - hellosehat.com

Di balik rasanya yang asam dan baunya yang kadang begitu menyengat, rupanya cuka apel menyimpan beragam manfaat, mulai dari untuk kesehatan, kecantikan, hingga untuk menurunkan alias diet. Banyak orang percaya jika cuka apel bisa mengempiskan jerawat, menghilangkan ketombe, dan masih banyak lagi khasiat ajaib lainnya.

Cuka apel biasanya kerap dicampurkan dalam teh, smoothie, hingga diminum langsung. Cuka sari apel umumnya terbuat dari sari apel yang kemudian ditambahkan ragi untuk fermentasi. Carol Johnston, direktur program nutrisi dari Arizona State University menyatakan bahwa larutan asam asetat seperti yang terkandung dalam cuka sari apel memang dapat menurunkan berat badan.

Dalam penelitiannya di dapatkan hasil bahwa mengonsumsi larutan asam asetat dalam kecil bisa membuat tubuh menjadi aktif. Hal ini juga membantu tubuh untuk membakar lemak agar dapat diolah menjadi energi. Menurut riset yang diterbitkan dalam The Journal Bioscience, Biotechnology, and Biochemistry, rata-rata manusia kehilangan 1,8 kg dalam 12 minggu setelah mengonsumsi 1-2 sendok makan sari cuka apel yang diencerkan setiap hari. “Asam asetat dalam cuka dapat membantu mengendalikan nafsu makan,” ujar Johnston, seperti dilansir Men’s Health.

Cuka sari apel disebut-sebut efektif sebagai minuman pendamping diet yang mengandung zat tepung. Asam dapat memperlambat pencernaan zat pati. Hal itu pula yang membantu efektivitas diet karena pencernaan yang lambat dapat membuat seseorang merasa kenyang lebih lama. Tetapi Johnston menegaskan, hasil mengonsumsi cuka apel tidak bisa dilihat secara instan. “Cuka bukanlah peluru ajaib untuk menurunkan berat badan,” jelasnya.

Cuka apel atau yang juga kerap disebut dengan istilah apple cider vinegar ini biasanya dijual di sejumlah supermarket besar seperti Giant, Hypermart, Superindo, Lotte Mart, Carrefour, atau sebagainya. cuka apel yang beredar di pasaran pun ada bermacam-macam, antara lain seperti Bragg yang dijual dengan mulai Rp 150 ribuan, Heinz Rp 49.900, S&W mulai Rp 85.900 untuk 473 ml, hingga Chung Jung Won dengan mulai Rp 35 ribuan per botol isi 900 ml.

Loading...