Dipengaruhi Banyak Faktor, Mobil Bekas Apa yang Harganya Paling Jatuh?

Mobil Datsun Go - www.asapmobil.com

Membeli seperti memang butuh berbagai pertimbangan. Beberapa orang lebih suka membeli dalam baru karena merasa lebih aman dan puas, sedangkan beberapa orang justru lebih memilih membeli yang harganya lebih murah namun masih dalam kondisi baik. Setidaknya ada beberapa merek bekas yang harganya jatuh di pasaran.

jual kembali mobil bekas pada umumnya tergantung banyak faktor, seperti perawatan kendaraan, ketersediaan suku cadang, layanan purna jual merek mobil tersebut dan juga ketersediaan unit atau stok di pasar mobil bekas,” ungkap Head of Marketing and Public Relations, Carmudi.co.id Chandra Sidik, seperti dilansir Detik.

Dari aspek-aspek penilaian tersebut, hampir sebagian besar masyarakat Indonesia setuju jika harga jual mobil bekas merk-merk biasanya yang paling anjlok di antara lainnya. Padahal sebenarnya tidak ada yang salah dari mobil-mobil . Mobil-mobil bahkan mayoritas mengusung yang mewah, fitur yang canggih, sistem keamanan yang lebih terjamin, dan performa mesin yang bagus.

Sayangnya menurut di Indonesia hal-hal semacam itu masih belum cukup. Performa yang bagus tentunya berbanding lurus dengan harga yang ditawarkan. Sudah bukan hal asing lagi jika mobil-mobil buatan Eropa seperti Jaguar, BMW, Mercedes Benz, dan sebagainya punya performa luar biasa dan harga jualnya pun relatif mahal. Akan tetapi, mobil-mobil mewah nan mahal tersebut biasanya akan turun drastis nilainya ketika dijual kembali. Mengapa?

Rata-rata mobil Eropa biasanya hadir dengan kapasitas mesin yang besar dan bahan bakarnya cukup boros. Hal ini yang menjadi salah satu pertimbangan konsumen Indonesia dalam membeli mobil. Selain itu, perawatan dan perbaikan mobil Eropa juga cukup mahal. Untuk mencari teknisi yang benar-benar paham akan karakteristik mobil Eropa pun cukup terbatas, oleh sebab itu masyarakat Indonesia lebih banyak yang memilih mobil-mobil buatan Jepang dengan harga yang lebih murah dan cenderung stabil untuk dijual kembali.

Berdasarkan data Divisi penelitian dan pengembangan (Litbang) situs jual beli mobil Carmudi.co.id, mobil Low Cost Green Car (LCGC), di antara sekian banyak merek mobil, ternyata mobil LCGC yang harga pasaran bekasnya paling jatuh di Indonesia adalah Datsun GO+. Harga jual kembali Datsun GO+ kabarnya mengalami penyusutan atau depresiasi antara 17-26%.

“Peminat Datsun GO+ Panca di pasar mobil bekas ya, biasa saja. Jika dibandingkan dengan Daihatsu Sigra atau Toyota Calya bekas, ya masih kalah,” kata Ketua Ikatan Pedagang Mobil Bekas Jakarta Timur (IPMJ), H. Ahmad Fadillah.

Loading...