Dipakai untuk TV Merek Toshiba, Harga IC S1854 Cukup Murah

IC S1854 - www.ebay.comIC S1854 - www.ebay.com

S1854 merupakan salah satu model IC atau integrated circuit yang banyak digunakan sebagai dalam perangkat , seperti televisi maupun speaker. IC S1854 sendiri umum digunakan untuk perangkat keluaran asal , Toshiba. Di pasaran, satu buah ini ditawarkan dengan yang sangat terjangkau, yaitu sekitar Rp11.500.

IC sendiri adalah komponen dasar yang terdiri dari gabungan ratusan, bahkan ribuan, komponen elektronik, seperti resistor, transistor, diode, dan juga kapasitor. Di dalam IC, komponen-komponen tersebut diintegrasikan menjadi satu kesatuan rangkaian dalam kemasan yang lebih kecil. Mayoritas IC dibuat menggunakan material semikonduktor berupa silikon.

“Perlu diketahui bahwa komponen IC sangat bermacam-macam dan memiliki yang berbeda satu sama lain,” demikian penjelasan situs Belajar Elektronika. “Bentuk IC pun juga sangat bermacam-macam, mulai dari yang mirip transistor, single in line, dual line, sampai dengan persegi seperti prosesor komputer. Selain itu, IC juga masih bisa diklasifikasikan menjadi beberapa bagian lagi.”

Nah, khusus untuk IC S1854, komponen ini bisa digunakan untuk memperbaiki perangkat TV keluaran Toshiba model Bomba. Mengganti IC S1854 bisa menjadi solusi untuk televisi merek Toshiba yang mengalami gejala kerusakan berupa semua tegangan dari regulator drop. Penyebab masalah ini umumnya adalah sensor tegangan pada IC mengalami trouble.

Namun, jika Anda tidak memiliki keterampilan untuk melakukan perbaikan televisi secara mandiri, datang ke tukang service bisa menjadi alternatif yang lebih aman. Pasalnya, tukang service umumnya telah dibekali dengan kemampuan yang mumpuni dalam hal mengutak-atik perangkat elektronik, serta pengalaman yang cukup panjang di bidang kelistrikan.

“Biaya servis televisi sangat bergantung pada tingkat kerumitan dan jenis kerusakan komponen televisi, sedangkan ketersediaan komponen akan berpengaruh terhadap lama pengerjaan servis,” papar Agus, tukang servis TV yang berdomisili di Samarinda. “Harga servis TV berkisar Rp250 ribu sampai Rp500 untuk model tabung, sedangkan untuk TV LCD, kulkas, atau mesin cuci harganya bisa lebih mahal.”

Loading...