Dipakai Banyak Musisi Top, Ini Gitar Gibson Les Paul Termahal

Gitar Gibson Les Paul - www.bukalapak.comGitar Gibson Les Paul - www.bukalapak.com

JAKARTA – Gibson Les Paul merupakan salah satu merek yang digunakan oleh banyak musisi terkenal di . pertama kali pada tahun 1952 silam, ini menjadi salah satu yang selain Fender Telecaster dan Fender Stratocaster. Dan, Gibson Les Paul Standard kepunyaan Keith Richard, gitaris Rolling Stones, tercatat sebagai varian termahal karena laku terjual 840 ribu euro atau Rp13,68 miliar pada tahun 2003 silam.

Gitar Gibson Les Paul sendiri menjadi salah satu banyak musisi kelas dunia. Beberapa gitaris top menjadikan gitar ini sebagai ‘senjata’ mereka untuk ‘bertempur’, baik di sesi rekaman studio maupun bermain di atas panggung. Dari luar negeri, nama-nama seperti Slash (Guns N’ Roses), Bob Marley, Jimmy Page (Led Zeppelin), hingga Billie Joe Armstrong (Green Day) adalah pemakai setia Gibson Les Paul.

Sementara, dari dalam negeri, salah satu musisi pencinta gitar Gibson Les Paul adalah Piyu, gitaris Padi. Gitar favorit Piyu sendiri adalah Gibson Les Paul Kamikaze Custom yang langsung dipesan dari AS pada tahun 2012 lalu dengan Rp48 jutaan. Di bagian belakang headstock gitar tersebut, terdapat logo Piyu yang dibuat dari pabriknya.

“Saya pakai Gibson lebih ke style, dan sound utama ‘Piyu’ adalah Gibson. Kalau pakai gitar selain Gibson itu sepertinya nggak cocok. Saya pernah check sound pakai gitar lain, semua bilang nggak cocok,” kata Piyu, dilansir CNN. “Saya sendiri sudah mendeklarasikan diri sebagai musisi yang pakai Gibson dan supaya dikenang sebagai pemain Gibson.”

Menurut Piyu, harga gitar Gibson Les Paul memang tergolong mahal. Di pasaran dalam negeri, Gibson Les Paul sekarang ditawarkan dengan harga mulai Rp16 jutaan untuk model Les Paul Junior keluaran tahun 2015. Sementara, varian Les Paul ‘First Standard’ Slash 1958 Replica, sekarang dilepas dengan harga mencapai Rp175 jutaan per unit.

“Mungkin, harganya yang mahal menjadi salah satu alasan kenapa Gibson menjadi bangkrut, selain ekspansi berlebih setelah memproduksi gitar Flying V yang berbentuk seperti logo Star Trek,” sambung Piyu. “Selain itu, sudah tidak ada lagi rock star yang memakai gitar Gibson. Jadi, nggak ada panutan bagi gitaris baru untuk beli Gibson.”

Loading...