Diolah Dengan Proses UHT, Harga Susu Ultra Milk Ukuran Kecil Rp2 Ribuan

Harga, susu, ultra, kecil, uht, pasteurisasi, produk, ukuran, 125ml, 1, liter, rasa, varian, di, pasaran, kemasan, dus, milk,Susu Ultra UHT kecil (ultramym.com)

Susu memiliki peranan penting untuk memenuhi kebutuhan anggota keluarga, khususnya anak-anak dalam masa pertumbuhan. Meski mengandung terbaik, sayangnya susu segar yang baru diperah tidak dapat dikonsumsi secara langsung karena dikhawatirkan terdapat bakteri patogen di dalamnya.

Sebagian besar masyarakat mungkin sudah sering mendengar istilah susu pasteurisasi dan Ultra High Temperature (UHT). Selain namanya yang berbeda, kedua susu tersebut juga memiliki proses pengolahan yang berbeda juga.

Menurut Darmanto Setyawan, Head of Dairy Manufacturing Southeast Asia PT Greenfields Indonesia, pasteurisasi adalah proses paling sederhana agar susu bisa dikonsumsi. “Tujuannya untuk membunuh bakteri patogen atau bakteri berbahaya yang kemungkinan terdapat di susu,” ujarnya kepada Liputan6.com.

Karena mengalami proses sederhana, susu pasteurisasi tak dapat bertahan lama dalam ruang, maka perlu usaha penyimpanan ekstra, meski kandungan nutrisinya paling mendekati susu segar. Alasan tak bisa bertahan lama disebabkan karena tidak semua bakteri yang ada di dalam susu mati.

Sementara itu, UHT pengolahannya membutuhkan suhu tinggi untuk menghasilkan susu steril hingga semua bakteri mati. Namun, pemanasan dalam suhu tinggi mengubah komposisi dan nutrisi susu, karena dapat menghilangkan vitamin, mendenaturasi protein, dan merusak enzim. Selain mematikan seluruh bakteri, pemanasan dengan suhu tinggi membuat enzim yang terdapat dalam susu juga dinonaktifkan. Proses tersebut membuat susu UHT dapat tahan lebih lama tanpa pendingin.

Sebagai sumber kalsium, susu merupakan pangan dengan kandungan nutrisi lengkap yang paling mudah diserap khususnya oleh anak-anak dengan fungsi pencernaan normal saat masa tumbuh kembangnya. Kebutuhan dan gaya hidup masyarakat yang kian berkembang juga berperan besar akan jenis susu yang beredar di pasaran saat ini.

“Agar dapat menyesuaikan tingginya kebutuhan nutrisi di tengah aktifnya kegiatan mereka, susu cair segar berkualitas yang mengandung keseimbangan nutrisi dapat menjadi solusi, salah satunya susu UHT,” ujar Emilia E. Achmadi, selaku Pakar Gizi.

Ia menambahkan bahwa idealnya anak-anak berusia 2-5 tahun membutuhkan 400-600 cc susu segar sehari (setara dengan 2-3 gelas) untuk dapat melengkapi nutrisi harian di luar padat lainnya.

Bahan-bahan premium yang terkandung dalam susu UHT, seperti protein, karbohidrat, vitamin dan mineral menjadikannya produk yang lengkap dan seimbang serta aman dikonsumsi sehari-hari oleh anak berusia di atas dua tahun. “Bukan hanya kandungan nutrisinya saja, susu UHT menarik bagi anak-anak melalui ragam pilihan rasa yang disukai,” imbuh Emilia.

Jenis susu UHT saat ini juga bisa dengan mudah ditemukan dengan berbagai macam merek serta ukuran kemasan. Misalnya merek Ultra Milk yang diproduksi mulai dari kemasan paling kecil yakni ukuran 125ml yang seharga Rp2.800, hingga ukuran 1 liter yang dengan Rp18 ribuan, juga ditawarkan dalam kemasan dus berisi 12 hingga 40pcs. Selain tersedia dalam berbagai ukuran, susu UHT Ultra juga diluncurkan dalam berbagai varian rasa vanilla, full cream, coklat, strawberry, dan mocca.

Loading...