Dinilai Paling Ideal untuk Batik, Harga Kain Mori Primissima Dibanderol Mulai Rp 23 Ribuan

Kain Mori Primissima - www.bukalapak.comKain Mori Primissima - www.bukalapak.com

Batik adalah salah satu kekayaan bangsa Indonesia yang perlu dilestarikan. Aktivitas membatik sendiri membutuhkan ketelitian, ketekunan, dan juga kreativitas agar bisa menghasilkan kain batik yang memiliki nilai . Meski ada banyak pilihan dan metode yang tersedia, rupanya kain mori Primisima disebut-sebut sebagai kain yang paling ideal untuk membatik. Harga kain mori Primissima polos per meter bervariasi, berkisar antara Rp 23 ribuan hingga Rp 29 ribuan.

Berdasar yang dilakukan oleh Balai Besar Kerajinan dan Batik (BBKB) sebagai salah satu unit pelaksana teknis di bawah Badan dan Industri (BPPI) yang berlokasi di Yogyakarta ini menyebutkan, setidaknya terdapat 23 motif baru batik.

“Di antara beberapa jenis bahan yang diuji coba, yang paling optimal menghasilkan motif adalah bahan jenis mori Primissima. Selain paling bagus motif yang dihasilkan, bahan jenis mori juga paling mudah dalam proses pengerjaannya,” kata Kepala BPPI Kemenperin, Ngakan Timur Antara, seperti dilansir Goodnews.

Lebih lanjut Ngakan memaparkan, dari hasil uji laboratorium, tekstil kerajinan ini memiliki ketahanan luntur terhadap pencucian, keringat, dan sinar yang cukup bagus. Nilai ketahanan luntur terhadap gosokan pun cukup bagus. Dengan demikian bisa dikatakan bahwa kombinasi teknik smock dan tritik jumputan lewat teknik yang dinamakan Ringkel serta material kain mori Primissima bisa memenuhi standar kualitas sebagai bahan sandang.

“Teknik ringkel ini merupakan pengembangan dan penggabungan dua teknik, yaitu teknik smock dan tritik jumputan. Jadi, teknik ini merupakan dari tusukan menjahit untuk membuat kerutan-kerutan yang menghasilkan motif menarik sesuai pola tertentu. Prosesnya, kain dicelup atau diwarna, dan di buka jahitannya. Setelah dibuka akan menghasilkan motif-motif yang indah,” bebernya.

Material kain mori Primissima sendiri saat ini tidak sulit untuk dicari. Pasalnya sudah banyak toko kain yang menjual kain mori Primissima dengan harga yang variatif. Apabila kesulitan untuk menemukan kain mori Primissima di toko-toko kain terdekat, maka bisa pula membeli kain mori Primissima secara online melalui sejumlah situs e-commerce.

Loading...