Dinilai Lebih Aman, Ini Cara Mudah Belanja di Amazon Tanpa Kartu Kredit

Belanja di AmazonBelanja di Amazon

Saat ini dunia, termasuk Indonesia hampir didominasi oleh dan perusahaan-perusahaan berbasis internet. Di samping itu, sejumlah perusahaan online seperti , Lazada, dan sejenisnya telah mampu mengubah bagaimana konsumen bisa dengan mudah melakukan perbelanjaan barang-barang yang mereka cari tanpa perlu repot beranjak dari tempat tinggal.

Perkembangan e-commerce yang cukup pesat tersebut, tidak lain disebabkan oleh pelaku e-commerce itu sendiri. Baik penjual maupun pembeli yang menggemari jual beli secara online yang dirasa lebih mudah dan tidak memakan banyak waktu untuk berkeliling ke pusat demi membeli barang yang diinginkan.

“Potensi e-commerce sebesar US$ 8,3 miliar tahun 2017 ini,” kata Hari Santoso Sungkari, Deputi Infrastruktur Badan Ekonomi Kreatif, dilansir dari Tempo.

Salah satu toko berbasis e-commerce yang cukup dikenal luas oleh masyarakat dunia, termasuk masyarakat Indonesia adalah Amazon.com. Perusahaan raksasa asal Amerika Serikat ini merupakan salah satu toko online yang mempunyai koleksi lengkap untuk konsumennya. Kelebihan yang paling menonjol dari toko ini adalah ia melayani pengiriman untuk keluar negeri, seperti ke Indonesia misalnya. Ada banyak barang yang tidak mudah dicari atau lama rilis di Indonesia namun sudah tersedia di laman ini.

Proses belanja di Amazon juga tergolong mudah, hal pertama kali yang dilakukan setelah mencari barang yang diinginkan adalah login untuk mempermudah proses checkout. Pembeli dapat mendaftar terlebih dahulu, apabila belum mempunyai akun. Proses registrasinya cukup mudah, sebab tersedia panduan apabila ada yang kurang dimengerti.

Setelah daftar, pembeli bisa mengisi pengiriman dan menentukan proses pengiriman. Ada beberapa pilihan cara pengiriman berdasar perkiraan waktu penerimaan barang, yakni Standard international shipping (no tracking, estimasinya adalah 18-32 hari), AmazonGlobal expedited shipping (estimasi sampai sekitar 5-10 hari), dan Amazon priority shipping (estimasi hanya 2-4 hari).

Untuk standard shipping, menurut beberapa pengalaman konsumen Amazon, perkiraan barang bisa sampai lebih lama dari yang tertera, hal tersebut dikarenakan memakai jasa pengiriman dari Indonesia. Sementara untuk priority shipping, pelanggan bisa melacak keberadaan barang dengan detail dan estimasi barang hampir sesuai dengan yang tertera. Namun, tentunya pilihan pengiriman juga akan menentukan kisaran biaya pengiriman. Semakin cepat barang sampai, maka semakin mahal pula ongkos kirimnya.

Selanjutnya, pembeli akan diarahkan pada metode pembayaran. Tidak hanya melayani pembayaran dengan kartu , cara belanja di Amazon juga bisa tanpa menggunakan kartu . Pasalnya, Amazon menyediakan 3 pilihan pembayaran lainnya yang bisa dipilih oleh pembeli, yakni menggunakan gift card and promotional code, amazon.com store card, dan bank account khusus untuk yang memiliki akun bank AS.

Beberapa pelanggan menolak untuk melakukan transaksi pembelian dengan menggunakan credit card karena dianggap rawan akan fraud (penipuan). Pembelian menggunakan kartu kredit di Amazon aman selama pengguna log out setelah selesai transaksi dan tidak memberitahukan mengenai kartu kreditnya kepada siapapun.

Bagi pembeli yang tidak punya kartu kredit, dapat menggunakan virtual credit card (VCC) untuk melakukan pembayaran di amazon. VCC ini memungkinkan pengguna bisa bertransaksi online seperti menggunakan kartu kredit. Selain dinilai aman, VCC ini bisa diisi dari debit bank lokal. Bisa menggunakan jasa dari neteller untuk membuat VCC.

Loading...