Dinilai Bisa Obati Penyakit Sinusitis, Harga Getah Inggu Sekitar Rp 30 Ribuan

harga, getah, inggu, sinusitis, penyakit, rongga, hidung, kronik, operasi, larutan, isotonik, kesehatan, cara, biji, di, online, bungkus, isi, pengobatan, peradangan, faktor, risiko, alergenTanaman inggu tumbuh subur (sumber: jamuin.com)

Pernah mendengar tentang inggu? Jika belum, tidak ada salahnya berkenalan dengan nama salah satu tersebut. lnggu merupakan perdu yang berasal dari Eropa Selatan dan Afrika Utara. Tinggi ini dapat mencapai lebih-kurang 1,5 m.

Tanaman tersebut dijadikan sebagai herbal untuk berbagai . Sebagai , tanaman tersebut bisa diambil getahnya. Penyakit yang dianggap bisa disembuhkan dengan konsumsi inggu adalah sinusitis.

Aturan pakai getah inggu untuk pengobatan sinusitis yaitu 1 biji getah inggu dibagi dua, untuk diminum selama dua hari. Di beberapa situs online, getah inggu dijual dengan harga Rp 35.000 untuk satu bungkus dengan isi sekitar 4 biji getah. Tetapi, efektif atau tidaknya pengobatan sinusitis dengan getah inggu mungkin belum teruji secara medis.

Sinusitis merupakan peradangan atau pembengkakan pada sinus. Sinus sendiri adalah rongga udara di daerah wajah yang terhubung dengan hidung. Peradangan pada sinus ini disebabkan oleh penumpukan lendir di rongga sinus, dan menjadi tempat pertumbuhan bakteri. Normalnya, sinus berisi udara, jadi ketika sinus tersumbat dan berisi cairan atau lendir, maka bakteri dan virus dapat tumbuh dengan baik dan menyebabkan peradangan hingga infeksi.

Seseorang yang menderita gangguan sinusitis, umumnya menjadi lebih sensitif terhadap cuaca atau faktor penyebab yang dialami. Maka, agar terhindar dari kekambuhan, Anda sebaiknya menjauhi faktor risiko atau alergen yang menjadi penyebabnya. Dengan begitu Anda tidak perlu lagi menderita akibat serangan sinusitis.

Sinusitis tidak hanya diderita oleh orang dewasa, sinusitis juga bisa dialami oleh anak-anak. Sistem kekebalan tubuh dan pertahanan terhadap kuman pada anak tidak sekuat orang dewasa. Hal ini menyebabkan anak rentan pilek atau alergi. Rentang usia anak yang paling sering mengalami sinusitis adalah usia anak menjelang , yaitu usia 5-10 tahun.

Menurut dr. S. Hendradewi Sp THT(K), Msi. Med, dari Rumah Sakit Dr. Moewardi Surakarta, sinusitis bisa disembuhkan dengan cuci hidung. “Tapi tetap dipadukan dengan obat,” ujar Dewi.

Sedangkan sinusitis yang sudah kronik harus dioperasi. “Memang ada beberapa kasus. Ada pasien sudah polip. Saya kasih obat dan dia nyaman, tidak operasi. Tapi memang sembuhnya agak lama dan penyebabnya adalah alergi,” ungkap Dewi.

Sinusitis yang membutuhkan operasi adalah sinusitis yang disebabkan oleh infeksi, berhubungan dengan gigi, atau hidung bengkok. Sementara itu, Dewi mengatakan, “Kalau penyebabnya alergi masih bisa disembuhkan.”

Tindakan sederhana membersihkan hidung juga merupakan bentuk untuk meringankan banyak kondisi masalah dengan hidung. Tindakan ini dapat membersihkan alergen, excess mucus, dan kerak atau kotoran pada rongga hidung, sehingga menjaga mukosa hidung tetap bersih dan .

Dewi mengingatkan, mencuci hidung tidak boleh menggunakan air biasa. “Untuk menjaga kesehatan hidung sehari-hari, dapat dilakukan pencucian hidung dengan larutan isotonik,” katanya.

Loading...