Dilalui Jalur LRT, Harga Ruko Kelapa Gading Diprediksi Semakin Tinggi

Ruko Kelapa Gading - www.rumah.comRuko Kelapa Gading - www.rumah.com

Harga seperti rumah, apartemen, maupun komersial layaknya ruko terus mengalami kenaikan dari tahun ke tahun. Pasar rumah (ruko) di Kelapa Gading, Utara pun cukup dominan. Oleh sebab itu harga ruko di Kelapa Gading pun terbilang cukup tinggi jika dibandingkan dengan daerah lainnya di Jakarta.

Menurut Ali Tranghada, Indonesian Property Watch (IPW), pangsa pasar ruko di Kelapa Gading masih cukup dominan dibandingkan ruko di kawasan Sunter. Pasalnya Kelapa Gading ke depannya akan dibangun LRT dan Tol Dalam Kota ruas Samanan-Pulogebang. “Semacam LRT dan segala macamnya mempengaruhi tinggi harganya. Kenaikan semester I kecil masih seperti itu. semester II stagnan. Asumsi Pilpres selesai dengan aman kira-kira bisa naiknya kencang sekitar 10-15 persen lah. 2019 2020 lah ya,” ungkap Ali, seperti dilansir Infonitas.

Sebagai informasi, harga ruko Kelapa Gading saat ini cukup bervariasi. Ruko yang disewakan biasanya dipatok dengan harga antara Rp 80 juta hingga Rp 600 jutaan. Sedangkan ruko yang di kawasan Kelapa Gading saat ini dihargai antara Rp 2,6 miliar hingga Rp 75 miliar. Ruko dengan harga Rp 75 miliar biasanya terdiri dari berapa unit sekaligus atau yang biasa disebut ruko gandeng. Jika semakin strategis lokasinya dan semakin luas bangunannya, maka harga ruko yang bisa semakin mahal.

Selain ruko, permintaan hunian vertikal seperti apartemen diprediksi akan meningkat tahun 2018 ini. Penjualan properti tahun 2018 diperkirakan akan meningkat sekitar 8% pada semester I 2018, sedangkan pada semester II 2018 akan kembali stagnan. “Trennya tetap naik, tapi agak stuck pada semester II 2018. Karena pada Agustus itu penetapan bakal calon sudah mulai, sampai juni 2019 kan,” ujar Ali.

Tren investasi untuk tahun 2018 nantinya juga lebih mengarah ke apartemen. Hal ini disebabkan karena terbatasnya lahan yang tersedia di Provinsi DKI Jakarta. Wilayah yang menjadi sasaran investor atau pengembangan diperkirakan berada di kawasan yang dilewati oleh jalur Light Rail Transit (LRT) seperti Kelapa Gading menuju Bekasi.

Loading...