Dilakukan Beberapa Kali Penyesuaian, Tarif Penyeberangan Palembang-Bangka Mulai Rp 25 Ribu

tarif, penyeberangan, palembang, bangka, dewasa, anak-anak, kendaraan, tanpa, dengan, tahun, 2014, 2017, penyesuaian, berlaku, per, september, pelabuhan, tanjung, api-api, kalian, muntok, 2018Ilustrasi: aktivitas kapal di pelabuhan Palembang (twitter: @ipcpalembang)

Apabila Anda bepergian dari , Selatan menuju Bangka, bisa menggunakan jasa layanan kapal dari PT ASDP Ferry Indonesia. Tarif penyeberangan dari Tanjung Api-api menuju Tanjung Kalian/Muntok, Bangka bisa dilihat di situs indonesiaferry.co.id.

Cara melihat besar tarif sekali penyeberangan cukup mudah, yaitu di bagian ‘Reservasi Tiket Kapal’, Anda tinggal memilih Sumatera Selatan untuk isian Provinsi, pada kolom berangkat, hanya ada satu pilihan yaitu ‘Tanjung Api-api’. Lalu, untuk tujuan, juga hanya ada satu tujuan yaitu ‘Tanjung Kalian/Muntok’. Kemudian klik ‘Cek Jadwal’.

Pada layar akan tertera detail penyeberangan, mulai dari jadwal, waktu perjalanan, jarak, hingga untuk penumpang dewasa dan anak-anak, baik yang tanpa kendaraan maupun dengan kendaraan. Untuk tarif penumpang tanpa kendaraan, dewasa Rp 40 ribu, anak-anak Rp 25 ribu. Sementara, tarif penumpang dengan kendaraan, mulai dari Rp 60 ribu untuk golongan sepeda. Jika bersama dengan kendaraan, tarif dibedakan berdasarkan jenis kendaraannya.

Tarif penyeberangan yang berlaku tersebut telah mengalami beberapa kali penyesuaian. Di tahun 2014, PT Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry menaikkan tarif jasa penyeberangan dari Pelabuhan Tanjung Kalian Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung menuju Tanjung Api-api, Banyuasin, Sumatera Selatan.

“Tarif baru jasa penyeberangan ini berlaku untuk semua kategori, baik penumpang orang maupun kendaraan dengan rata-rata kenaikan sekitar 13 persen,” ujar General Manager PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Pelabuhan Tanjung Kalian saat menjabat, Dadan Hermawan.

Ia mengatakan, penyesuaian tarif penyeberangan tersebut sudah melalui pertimbangan biaya pokok operasional dan masih dalam batas kewajaran. Menurutnya, penyesuaian tarif tersebut sesuai dengan Permenhub RI yang berlaku saat itu.

“Penyesuaian tarif ini berlaku di seluruh Indonesia dan untuk tarif penyeberangan Muntok-Tanjung Api-api sudah ditetapkan dengan kenaikan bervariasi,” katanya. “Kami harapkan penyesuaian tarif ini tidak memberatkan para pengguna jasa penyeberangan karena baru tersebut masih masuk ke dalam kategori normal,” tambah Dadan.

Sementara, per 1 September 2017, tarif angkutan penyeberangan pelabuhan Tanjung Api-api mengalami perubahan. Penyesuaian tarif tersebut berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 13 tahun 2017 tentang retribusi jasa usaha.  

Perubahan terjadi pada hampir seluruh jenis muatan. Untuk angkutan perorangan dewasa tarifnya Rp 40 ribu, sedangkan anak-anak Rp 27 ribu. Menurut Kepala Pelabuhan Tanjung Api Api Zulkarnain, penyesuaian tarif ini tidak begitu besar. Menurutnya, beberapa item tipe jenis kendaraan dan penumpang hanya mengalami sedikit kenaikan. “Untuk angkutan saja, truk tidak besar cuma Rp 30 ribuan,” kata Zulkarnain.

Menurutnya, penyesuaian tarif ini sama berdampak pada kesamaan tarif pada pelabuhan Tanjung Kalian, Bangka. Tarif Bangka naik terlebih dahulu, sementara tarif yang berlaku di Pelabuhan Tanjung Api Api penyesuaiannya diberlakukan per 1 September 2017.

Loading...