Diklasifikasikan Berdasar Kepemilikan Modal, Ini Syarat & Biaya Keanggotaan Kadin

Kamar Dagang Industri - www.viva.co.idKamar Dagang Industri - www.viva.co.id

Awal Desember 2017 lalu Perdagangan (Kemendag) dan Kamar (Kadin) Indonesia menjalin untuk mempermudah kegiatan usaha pada pengusaha di Indonesia. Lewat tersebut, setiap penerbitan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) dan Tanda (TDP) secara online, maka pengusaha akan secara memperoleh KTA (Kartu Tanda ) Kadin. Penerbitan kartu tanda keanggotaan Kadin ini tidak dipungut biaya alias gratis.

“Nota kesepahaman ini bertujuan untuk menjadi landasan kerja sama bagi Kemendag dan Kadin untuk meningkatkan kemudahan berusaha bagi para pengusaha Indonesia,” ujar Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita di Jakarta, Kamis (7/12) lalu, seperti dilansir Katadata.

Dengan adanya integrasi ini, maka basis data anggota Kadin akan secara otomatis menjadi basis data Kemendag. “Data ini akan memudahkan pemerintah dan Kadin merumuskan dan menyosialisasikan berbagai kebijakan perdagangan,” ungkap Enggar.

Sementara itu, berdasarkan Keputusan Dewan Pengurus Kamar Dagang dan Industri DKI Jakarta No. 004 Tahun 2017 yang ditetapkan pada September 2017 lalu tercantum bahwa untuk mendaftar sebagai anggota Kadin di wilayah DKI Jakarta dikenai biaya yang bervariasi tergantung dari kemampuan atau modal kekayaan bersih yang dimiliki.

Keanggotaan Kadin Biasa untuk kategori kecil (modal lebih dari Rp 50 juta – Rp 500 juta) dikenai uang pangkal sebesar Rp 400 ribu dengan uang iuran per tahun Rp 300 ribu, kemudian untuk skala menengah (modal lebih dari Rp 500 juta – Rp 10 miliar) uang pangkalnya Rp 750 ribu dan iuran per tahun Rp 1,25 juta, serta untuk skala besar (modal lebih dari Rp 10 miliar) dikenai biaya uang pangkal sebesar Rp 1 juta dengan uang iuran per tahun sebesar Rp 2 juta.

Persyaratan menjadi anggota biasa Kadin antara lain menyerahkan fotokopi akta pendirian usaha, fotokopi akte perubahan, fotokopi pengesahan akta pendirian, fotokopi neraca/ keuangan perusahaan terakhir dan disahkan oleh pimpinan perusahaan, fotokopi KTP penanggungjawab perusahaan, pas foto penanggungjawab perusahaan ukuran 3 x 4 berwarna, dan dokumen pendukung perusahaan lainnya.

Keuntungan menjadi anggota Kadin pun cukup banyak. Nantinya hanya anggota Kadin saja yang boleh melakukan izin ekspor-impor, selain itu perusahaan yang terdaftar sebagai anggota Kadin juga akan dilindungi pemerintah dan dapat melaksanakan kegiatan usaha dengan leluasa.

Loading...