Diklaim Tahan Rayap, Harga Papan Triplek Plywood 2mm Rp35 Ribuan

Harga, papan, triplek, plywood, multiplex, multiplek, di, pasaran, ukuran, tebal, per, lembar, lembaran, melamin, mdf,Plywood

Triplek atau multiplex merupakan salah satu material bangunan yang kerap dibutuhkan untuk pembuatan . Beberapa model papan triplek yang sering ditemui di adalah triplek teakwood, triplek aluminium, sengon, soft wood, hard wood, partikel board, melamin, MDF warna, plywood, dan masih banyak lagi. Harganya beragam sesuai jenis dan ukuran, namun tergolong stabil.

Di , plywood umum diartikan sebagai lapis. lapis adalah salah satu jenis material yang terbuat dari beberapa lembaran tipis dengan ukuran-ukuran tertentu yang kemudian disusun sedemikian rupa dan diberi lem khusus, kemudian dipress di bawah tekanan besar sehingga jadilah sebuah material berupa papan dengan ukuran-ukuran tertentu.

Ada dua jenis plywood yang banyak beredar di pasaran, yakni triplek dan multiplek. Triplek terdiri dari tiga lembar susunan atau tumpukan kayu. Sementara untuk yang memiliki lebih dari tiga lembar susunan kayu, pada umumnya disebut dengan nama multiplek. Setiap ketebalan dan ketahanan atau kekuatan dari kedua jenis kayu lapis tersebut belum tentu sama. Hal tersebut yang menyebabkan triplek dan multiplex biasanya dijual dengan yang berbeda.

Triplek plywood dikenal memiliki daya tahan yang bagus dan tak mudah pecah, melengkung, dan retak. Dibuat dari kayu solid dengan tekstur yang saling melintang dengan perekat khusus. Jenis ini baiknya dipertimbangkan berdasarkan kebutuhan pemakaian jangka panjang termasuk harga per lembaran yang bisa menghemat anggaran. Papan triplek plywood ukuran tebal 2mm (122cm x 244cm) ditawarkan dengan harga Rp35 ribuan per lembar.

Untuk kebutuhan rumah tangga, kegunaan dari plywood ini cukup beragam. Selain banyak diandalkan sebagai papan cor saat dimulainya proses pembangunan suatu konstruksi bangunan, kayu lapis juga banyak dijadikan sebagai bahan dasar dari pembuatan berbagai macam khususnya interior.

Adapun bermacam-macam interior yang terbuat dari kayu lapis antara lain meja, rak buku, rak TV dan lemari pakaian. Ketebalan suatu plywood juga sangat menentukan kekuatan sebuah interior yang dibuat. Ada banyak jenis bahan yang bisa digunakan sebagai material dasar pembuatan kitchen set, mulai dari multiplex/plywood, MDF, particle board dan block board.

Namun bahan yang disarankan biasanya multiplex atau plywood, karena selain tahan terhadap rayap, partikelnya juga lebih padat sehingga lebih tahan lama dan kuat untuk pemasangan sekrup. “Anda juga bisa memakai kayu solid seperti jati atau meranti, tapi akan memakan yang sangat mahal dan itu bisa menyulitkan jika budget Anda terbatas,” seperti dikutip dalam laman Mabeslor.

Ada berbagai ukuran atau ketebalan triplek maupun multiplek yang banyak diproduksi. Namun yang umum dijual pada toko material dan seringkali dicari oleh konsumen hanya beberapa saja.

Loading...