Diklaim Punya Sejumlah Keunggulan, Ini Harga Galon Kosong 19 Liter Polycarbonate di Pasaran

Galon 19 Liter Polycarbonate - www.bukalapak.comGalon 19 Liter Polycarbonate - www.bukalapak.com

Pemilihan plastik untuk keperluan rumah tangga memang harus lebih bijak. Hingga kini masih banyak orang yang belum sadar akan pentingnya memilih wadah plastik dengan yang aman, termasuk plastik untuk galon air minum. Ada banyak plastik yang digunakan oleh sejumlah kalangan, misalnya Polyethylene terephthalate (PET), high density polyethylene (HDPE), polivinil klorida (PVC), low density polyethylene (LDPE), polipropilen (PP), dan polycarbonate (PC).

Namun tak semua wadah plastik untuk dan minuman itu aman, lantaran beberapa di antaranya masih ada yang menyisakan residu. “Setiap membeli wadah plastik harus memperhatikan bahan, kemasan yang sedikit sampahnya, hingga dilihat tag produknya,” tutur Direktur Sekolah Ilmu Universitas Indonesia Dr Emil Budianto, seperti dilansir Okezone.

Selain bahan dari PET (Polyethylene terephthalate), galon untuk air minum dalam kemasan (AMDK) juga banyak yang menggunakan bahan yang terbuat dari polycarbonate atau yang biasa disingkat dengan sebutan PC. Galon air dari material PC diklaim memiliki sejumlah keunggulan atau kelebihan, antara lain tahan panas matahari, dapat disikat tanpa menjadi buram, bisa dicuci dengan sabun khusus, tidak berbau, tidak mengeluarkan racun jika terkena panas matahari, hingga bisa digunakan berkali-kali.

Galon polycarbonate ini biasanya dijual dalam kondisi kosong dan terdiri dari berbagai macam . Namun untuk pemilik usaha depo air minum, umumnya lebih senang membeli galon kosong 19 liter. galon kosong 19 liter polycarbonate biasanya ditentukan dari grade-nya. Apabila grade semakin bagus, maka jualnya akan semakin mahal pula.

Sebagai contoh, harga galon kosong 19 L bahan PC grade A 750 gram dijual mulai Rp 47.500 per pcs, kemudian yang beratnya 700 gram dihargai lebih murah, Rp 41 ribuan per pcs. Kemudian yang grade B 750 gram harganya Rp 43 ribuan per pcs, berat 700 gram Rp 36.500 per pcs. Dan yang grade C bobot 650 gram harganya relatif murah, berkisar Rp 35 ribuan per pcs.

Perbedaan grade galon air polycarbonate tersebut biasanya didasarkan pada komposisi bahan plastik, sedangkan untuk atau bentuk semua grade sebetulnya sama saja. Adapun galon grade A komposisi bahan plastiknya lebih banyak, sehingga warna galon lebih terang dari grade B. Kemudian grade B memiliki warna yang sedikit lebih gelap, dan grade C sama saja seperti grade B, tetapi memiliki perbedaan berat dari grade B.

Loading...