Diklaim Punya Fungsi Sama Seperti Behel, Harga Aligner Gigi Capai Puluhan Juta Rupiah

Aligner Gigi - @beautifulnaraAligner Gigi - @beautifulnara

Selama ini mungkin lebih mengenal merapikan gigi menggunakan behel atau kawat gigi, yang dalam Bahasa Inggris dikenal dengan istilah bracket. Padahal selain behel sebenarnya masih ada lain yang juga bisa digunakan untuk merapikan gigi yang berantakan, misalnya saja aligner. Aligner sendiri adalah cetakan seperti retainer gigi yang bisa dilepas-pasang dan akan mengalami perubahan setiap 2 minggu secara bertahap untuk menggeser gigi . Karena sifatnya yang akan terus mengalami perubahan, aligner gigi pun relatif lebih mahal dibandingkan behel biasa.

Aligner gigi sebenarnya tersedia dalam beberapa , mulai dari Invisalign buatan Amerika Serikat, eCligner asal Korea Selatan, hingga merk The Inman. Namun dari sekian banyak tersebut, Invisalign yang paling , sehingga orang menyebut setiap aligner dengan sebutan ‘Invisalign’. Invisalign diklaim sebagai solusi ideal bagi pasien yang tak ingin terlihat memakai behel tetapi bisa tetap memiliki susunan gigi yang rapi. Harga aligner gigi Invisalign di Indonesia cukup mahal, berkisar antara Rp 50 juta hingga Rp 75 jutaan.

Biaya dari Invisalign sebenarnya didasari pada tingkat kerumitan kasus yang dialami pasien serta berapa lama pasien akan menjalani perawatan. Cetakan gigi (aligner) Invisalign ciri khasnya berwarna bening dan hampir tak terlihat, serta bisa dilepas kapan saja. Aligner ini biasanya dicetak menyesuaikan bentuk gigi dari setiap pasien, itulah salah satu alasan mengapa harganya pun relatif lebih mahal.

“Masa perawatan gigi dengan Invisalign yang diperlukan adalah kurang lebih 1 tahun, namun berbeda-beda pada setiap individu tergantung beratnya kasus. Namun, tidak semua kasus gigi berantakan dapat diatasi dengan Invisalign. Kasus-kasus yang dapat ditangani dengan Invisalign hanyalah kasus ringan seperti kasus gigi berjejal yang sangat ringan, atau gigi renggang sedikit. Jika kasus berat yang sudah melibatkan pencabutan gigi untuk memperoleh ruangan pada lengkung rahang, biasanya tidak bisa menggunakan Invisalign,” kata salah seorang dokter gigi, seperti dilansir Kompas.

Meski harga Invisalign cukup mahal, saat ini di juga beredar aligner yang cara kerjanya hampir sama seperti Invisalign. Bedanya, produk trainer alignment tersebut biasanya dirancang untuk langsung menyambung antara gigi bagian atas dan bawah, kemudian bahannya pun relatif lebih tebal dan warnanya biru transparan, sehingga ketika dipasang di gigi rasanya mulut seperti penuh. Harga perapi gigi tersebut cukup murah, berkisar antara Rp 75 ribuan hingga Rp 275 ribuan.

Loading...