Diklaim Mampu Obati Mata Minus, Berapa Harga Vitamata di Apotik?

Harga Vitamata - www.tokopedia.comHarga Vitamata - www.tokopedia.com

Seiring bertambahnya usia atau karena kebiasaan yang kurang baik, seseorang mungkin saja mengalami kelainan refraksi , entah itu rabun jauh ( minus), rabun dekat, astigmatisme, hingga presbiopi. Beberapa kelainan seperti minus, silinder, atau plus masih bisa diatasi dengan LASIK (Laser-Assisted in Situ Keratomileusis).

Namun tak semua orang mampu dan berani melakukannya. Oleh sebab itu sebagian kelainan refraksi mata biasanya lebih memilih mengonsumsi atau vitamin khusus mata yang di pasaran, dengan harapan mata minus atau silindris mereka bisa sedikit berkurang. Setidaknya ada sejumlah vitamin mata yang dijual di apotik, misalnya saja Eyevit. Di Apotek K24, suplemen mata berbentuk tablet ini dengan harga Rp 36.234 per strip.

Selain Eyevit, beberapa orang juga ada yang mencoba mengonsumsi Vitamata, yakni minuman serbuk tomat, wortel, apel, dan stroberi produksi CV Bendungan Sejahtera asal Sidoarjo, Jawa Timur. Produk vitamin mata yang berisi 15 sachet per pack ini dijual dengan harga yang bisa dibilang cukup mahal, yakni mencapai Rp 325 ribu per box. Sayangnya produk ini jarang dijual di apotik, tetapi lebih banyak dijual online.

Dalam Vitamata diklaim memiliki kandungan tomat, wortel, strawberry, buah merah, apel, biji anggur, serat larut, serat gandum, L- Glutathione, L-Arginine, premix vitamin dan mineral, polifenol, AA DHA, bit, kalsium laut, serta stevia yang memiliki berbagai khasiat. Pihak mengklaim bahwa manfaat Vitamata beragam, mulai dari dapat meningkatkan fungsi penglihatan, melindungi mata dari efek cahaya biru yang berasal dari gadget atau komputer, mencegah katarak, hingga membantu menormalkan mata minus, plus, maupun silinder.

Beberapa konsumen yang pernah mencoba Vitamata kabarnya memberi testimoni atau review yang cukup positif. Ada yang mengaku silinder-nya berkurang setelah minum Vitamata selama seminggu, hingga merasa mata lebih nyaman tanpa kacamata setelah minum 3 hari. Tapi, apakah benar kelainan refraksi mata bisa dikurangi dengan minum vitamin atau suplemen?

“Menurut berbagai literatur dan referensi yang kami pelajari, mata minus (myopia) tidak dapat dikurangi dengan pemberian vitamin atau suplemen tertentu. Begitu pula dengan kelainan refraksi mata lainnya (mata plus atau hipermetropia, astigmatisme, presbiopia) dan juga katarak, tidak dapat dikurangi dengan pemberian suplemen atau vitamin,” kata dr. Dito Anurogo, pengajar di Neuroscience Department, Brain and Circulation Institute of Indonesia (BCII) Surya University, Indonesia.

Meskipun mungkin di dunia kedokteran ternyata vitamin atau suplemen mata kurang berkhasiat untuk mengatasi kelainan refraksi mata, tak ada salahnya untuk mencoba melakukan berbagai terapi atau mencukupi nutrisi, terutama makan makanan yang mengandung vitamin A agar kesehatan mata senantiasa terjaga.

Loading...