Diklaim Lebih Aman untuk Kondisi Darurat, Berapa Biaya Pasang Rem ABS di Mobil?

Rem ABS Mobil

-kendaraan keluaran terbaru, baik sepeda maupun kini sudah banyak yang mengadopsi pengereman anti-lock braking system (ABS) dan Electronic Brake Force Distribution (EBD). ini disebut-sebut dapat membantu mengontrol penggunaan rem ketika terjadi pengereman mendadak di jalanan yang licin atau situasi darurat, sehingga rem tak langsung mengunci dan kendaraan tetap stabil. Lantas bisakah rem ABS dipasang pada mobil yang belum mengadaptasi tersebut? Berapa yang dibutuhkan?

Ternyata sistem rem ABS ini bisa dipasang sebagai komponen tambahan pada mobil di kemudian hari. “Bisa dan memungkinkan. Namun perlu dipahami kedua sistem ini merupakan teknologi bawaan dari pabrikan, jika ingin sebagai tambahan harganya akan luar biasa mahal. Jadi secara cost efisien tidak masuk,” kata Dolf Valentino, Workshop Head Daihatsu Pangeran Jayakarta, seperti dilansir Otomania.

Biaya pasang rem ABS sendiri pada mobil memang lebih mahal lantaran pemasangan ABS dan EBD pabrikan biasanya dilakukan dalam jumlah banyak, sehingga dapat menekan biaya pemasangan dan pembelian kedua komponen tersebut. Produsen juga biasanya memiliki komponen ABS dan EBD untuk perbaikan kendaraan yang rusak. Namun untuk atau pemasangan atas inisiatif sendiri harganya akan terlalu mahal.

“Perhitungannya sama dengan membeli kendaraan yang belum ada power window atau central lock. Jika pemilik ingin menambah kedua part ini bisa saja tapi kalau dihitung jatuhnya akan lebih mahal ketimbang beli kendaraan yang langsung memiliki power window dan central lock dari pabrik,” ungkap Dolf.

Harga komponen ABS-nya saja untuk ABS Blue Thunder dipatok sekitar Rp 1,5 jutaan per set di kawasan Jakarta. ABS Blue Thunder diklaim cocok untuk semua dan jenis kendaraan, baik sedan, Jeep, minibus, hingga motor ber-cc besar yang memakai sistem rem hydraulic. Harga tersebut masih belum termasuk dengan biaya pemasangannya.

Sebagai , rem ABS biasanya mengalami permasalahan pada bagian sensor. Biaya penggantian sensor bisa mencapai Rp 2,6 jutaan per sensor, tergantung tipe mobil. Untuk mobil All New Honda Jazz RS harga sensor ABS bekas saja bisa dijual dengan harga sekitar Rp 3,5 jutaan.

Loading...