Diklaim Kaya Nutrisi, Berapa Harga Susu Enfagrow Untuk Bayi 0-6 Bulan?

susu bayi enfagrow

berusia 0-6 bulan memang disarankan mengonsumsi ASI ( susu ibu) sebagai utama untuk menunjang tumbuh kembangnya. Namun, ada beberapa hal yang membuat seorang bayi tidak bisa mendapatkan ASI yang cukup. Untuk mengatasi hal tersebut, banyak yang kemudian meluncurkan susu formula, salah satunya Enfa A+ dari Enfagrow (tepatnya Enfamil A+) yang dengan harga mulai ratusan ribu .

“Kalau memang ASI tidak tersedia, boleh saja diganti dengan susu formula, sampai ASI yang ada pada ibu keluar dengan sendirinya,” kata Ketua UKK Gastrohepatologi Ikatan Anak Indonesia (IDAI), Prof. Dr. M. Juffrie, SpA(K), PhD. “Ada tiga kondisi ketika ASI tidak dapat diberikan pada bayi dan bayi harus segera mendapat penggantinya, yaitu ketika ibu , ASI tidak tersedia, dan anak yang sedang .”

Menurut Dr. Juffrie, bayi yang baru lahir memiliki lemak cokelat yang digunakan sebagai sumber energi. Tetapi, setelah dua jam, bayi tersebut harus mendapatkan cairan dari ASI untuk energi. “Nah, jika ibu tidak mampu mengeluarkan atau memberikan ASI, bisa memberikan susu formula pada bayi,” sambung Dr. Juffrie.

Mead Johnson melalui Enfagrow (tepatnya Enfamil) menghadirkan susu formula Enfamil A+ Tahap I yang ditujukan untuk bayi berumur 0-6 bulan sebagai makanan pendampingnya. Sementara, Enfamil A+1 merupakan susu formula yang diperuntukkan bayi berusia 0 sampai 6 bulan sebagai pendamping ASI agar pertumbuhan hati lebih optimal. Adapun Enfamil A+ PF, merupakan susu formula yang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan khusus bayi prematur.

Perusahaan mengklaim, susu formula buatan mereka telah dilengkapi dengan berbagai nutrisi, seperti Omega 3, Omega 6, kolin, vitamin, mineral, dan DHA. Jika Enfamil A+ Lactofree Care ditawarkan dengan harga mulai Rp120 ribu, maka Enfamil A+ Tahap I kemasan 400 gram dijual dengan harga mulai Rp166 ribuan, dan Enfamil A+ PF kemasan kaleng 400 gram dilepas dengan harga mulai Rp185 ribuan.

“Meski demikian, pada bayi usia 0 sampai 6 bulan, sebaiknya diberikan ASI eksklusif, jangan berikan air putih atau susu formula,” jelas dr. Attila Dewanti, SpA. “Susu formula paling mahal sekalipun juga tidak dapat menggantikan gizi yang dikandung ASI. Karena, ASI telah menyediakan hampir semua nutrisi yang dibutuhkan untuk bayi agar tumbuh kembangnya baik.”

Loading...