Diklaim Kaya Manfaat, Berapa Harga Minyak Kelapa Sawit per Liter?

Minyak Kelapa Sawit - www.alodokter.comMinyak Kelapa Sawit - www.alodokter.com

merupakan salah satu ekspor unggulan Indonesia. Sementara, di dalam negeri, minyak banyak dimanfaatkan untuk menggoreng makanan, selain sebagai bahan pembuatan , pasta gigi, lilin, pelumas, dan tinta. Di , minyak ini biasanya sudah dikemas dalam bentuk minyak goreng dan per liter dengan harga bervariasi.

Dilansir dari Alodokter.com, minyak kelapa sawit, yang sering juga disebut sebagai minyak sayur, diklaim mengandung lemak jenuh dan tak jenuh, E, beta-karoten, serta diduga memiliki efek antioksidan. Tidak hanya bermanfaat dalam bidang goreng-menggoreng, minyak kelapa sawit juga dikatakan memiliki khasiat lain untuk kesehatan, meski masih harus dibuktikan dengan penelitian lebih lanjut.

“Menurut beberapa bukti, menambahkan minyak kelapa sawit ke dalam makanan anak-anak dan ibu hamil dikatakan dapat mengurangi risiko kekurangan vitamin A,” tulis situs tersebut. “Selain itu, minyak ini juga diklaim melindungi otak dari perkembangan lesi pulpa alba dan kelainan yang terlihat atau terdeteksi pada tes pencitraan otak.”

Saat ini, memang agak sulit menemukan pedagang yang menjual minyak kelapa sawit dalam bentuk murni. Kalaupun ada, minyak kelapa sawit telah diolah menjadi minyak goreng dalam berbagai varian . Minyak goreng kelapa sawit Sania misalnya, sekarang dijual Rp15.500 per liter, sedangkan minyak goreng kelapa sawit Sunco ditawarkan dengan harga Rp15.900 per liter, sama seperti minyak goreng kelapa sawit Bimoli.

“Meski diklaim memiliki khasiat bagi kesehatan tubuh, namun minyak kelapa sawit ternyata diduga menjadi biang kerok munculnya kolesterol dalam darah dan penyakit lainnya,” sambung Alodokter.com. “Minyak kelapa sawit tinggi akan lemak jenuh yang dapat menaikkan kadar kolesterol dalam darah, yang akhirnya meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Selain itu, minyak kelapa sawit yang sudah pernah digoreng akan mengandung akrolein, sebuah beracun hasil pemecahan minyak.”

Loading...