Diklaim Kaya Lipid Untuk Kesehatan, Telur Burung Puyuh Dijual Dengan Harga Per Biji dan Kiloan

Telur Puyuh - (Sumber: pixabay.com)Telur Puyuh - (Sumber: pixabay.com)

Telur dikenal kaya akan , lemak sehat, serta kompleks. Umumnya, jenis telur yang sering dikonsumsi adalah telur ayam. Sebagai alternatif, telur puyuh juga dapat Anda . Telur ini dianggap kaya akan lipid yang baik untuk mendukung kolesterol baik dalam tubuh.

Telur puyuh dapat dijual per biji dan kiloan. Harga telur puyuh per kilo berkisar Rp 16.700-22.500. Anda bisa juga membeli telur puyuh per pcs. Per 15 pcs dijual seharga Rp 6.000.

Menikmati telur puyuh dapat dengan berbagai cara, misalnya dengan menyantapnya sebagai sate, atau memakannya langsung. Seperti yang ada di Provinsi Kepulauan Babel (Bangka Belitung), terutama di Kota Pangkalpinang. Tren telur puyuh dalam sajian di daerah tersebut semakin meningkat, menyusul tumbuhnya kafe dan rumah makan dalam beberapa tahun ini.

Berbekal kondisi seperti itu, Hendri mulai menekuni usaha peternakan burung puyuh di belakang rumahnya di kawasan Ampui, Kota Pangkalpinang. Ia memiliki sekitar 300 ekor burung puyuh. Menurutnya, telur yang dihasilkan dari burung puyuh miliknya dinilai cukup untuk memenuhi permintaan di sekitar toko yang dikelolanya.

“Lumayan, dalam sehari ada puluhan butir telur yang dihasilkan. Langsung dijual, per bungkus Rp 10 ribu isi 28 butir,” kata Hendri di Toko Om Jeng, tempat usaha kelontong miliknya.

Soal kesegaran dan kebersihan telur puyuh terjamin. Hal tersebut dikarenakan karena telur yang ada di toko tersebut relatif baru karena dijual tidak lama setelah burung puyuh bertelur. Hendri juga siap melayani siapa saja yang menginginkan pemesanan.

Usaha beternak burung puyuh juga dijalankan oleh Muhammad Yusuf, salah satu yang ada di Kabupaten Sidrap. Ia mengaku bahwa sudah hampir dua tahun menggeluti usaha telur puyuh.

“Burung puyuh itu umur 34 hari sudah mulai belajar bertelur, itu bedanya ayam petelur dengan burung puyuh, kalau ayam 5-6 bulan baru bisa berproduksi bagus, namun kalau burung puyuh tidak demikian, karena di umur 40 hari dia sudah , dia sampai umur 2 bulan 70 persen ,” ujar Yusuf.

Selain itu, ternak burung puyuh dinilai membutuhkan modal yang minim, yaitu per 1000 ekor membutuhkan dana sekitar Rp 14 juta. Anda juga tidak membutuhkan tempat luas. Seperti yang dicontohkan oleh Yusuf, untuk ternak burung puyuh 1000 ekor hanya membutuhkan lahan 6 x 2 meter saja.

Saat ini, Yusuf kewalahan menghadapi permintaan . “Untuk saya masih kurang, kadang permintaan banyak tapi produksi telur masih kurang, padahal populasi burung puyuh di Kabupaten Sidrap untuk saya saja, di mana bibit yang saya punya dua jenis yakni plester dan peksi, plester dari Blitar dan Peksi dari Jogja jumlahnya 50 ribuan lebih, kalau Sulsel 80 ribu,” katanya.

Menurutnya, harga telur burung puyuh mengikuti harga pasar. Di Sidrap, budidaya telur puyuh ini sudah ada sejak beberapa tahun belakangan. Tetapi, sayangnya bibitnya masih berupa bibit yang standarnya kurang baik atau disebut bibit lokal dengan penetasan sendiri.

Loading...