Diklaim Jadi Produk Populer Para Pemancing, Berapa Harga Shimano Scimitar SMS 60M 2A?

Shimano Scimitar SMS 60M 2AShimano Scimitar SMS 60M 2A

Salah satu alat yang tak bisa dipisahkan dalam kegiatan memancing adalah joran pancing atau yang juga dikenal dengan istilah tongkat pancing. Fungsi joran pancing dianggap sangat penting, karena tanpa alat ini pemancing akan mengalami kesulitan saat melemparkan umpan dan sensasi saat bertarung dengan ikan tersebut.

Ada beberapa material penting dalam pembuatan joran tersebut. Bahan yang paling terkenal dalam pembuatan joran adalah karbon dan fiber. Joran yang berbahan dasar karbon memiliki berat yang lebih ringan, bahkan untuk ukuran medium heavy power sekalipun. Namun, yang menjadi kekurangannya adalah cenderung mudah patah. Akan tetapi material blank saat ini telah dimodifikasikan sedemikian rupa menyesuaikan setiap . Misalnya saja pada material karbon composite yang dapat melengkung sedemikian rupa namun tidak mudah patah.

Sementara untuk bahan fiber, cenderung lebih berat. Blank yang satu ini juga kerap disebut badak karena kekuatannya yang cukup besar bila dibandingkan dengan bahan karbon. Harga joran berbahan fiber juga lebih murah.

Pemilihan joran tergantung dari tiap memancing dan pasangannya (reel, benang, dan berat umpan). Baik panjang joran dan line ratingnya akan nyaman dipakai dan enak digunakan apabila tepat sesuai . Apabila terlalu panjang jorannya, akan susah dan berat menggentaknya untuk memancing ikan kecil.

Joran sendiri terdiri dari beberapa tipe utama mulai dari tegeg/pole rod (tanpa ring guide/cincin dudukan benang dan tidak menggunakan reel), joran baitcasting (konfigurasi terbalik dengan prinsip benang dipanggul joran) dan joran spinning (menggunakan prinsip benang menggantung pada joran).

Nah uniknya, joran tersebut memiliki kategori sesuai kebutuhannya, yakni joran jigging, casting, trolling, spinning, surf casting dan popping (sport fishing). Untuk setiap kebutuhannya pun, tersedia baitcasting dan spinning.

“Yang agak all round itu adalah joran spinning. Bervariasi dari ukuran 60 cm hingga 2,4 meter tipe joran spinning itu bisa untuk casting, light popping, mancing dasar dan light trolling. Hanya saja memang kadang terasa terlalu kaku kadang terlalu lentur,” ungkap salah seorang pemancing.

Salah satu joran yang cukup populer di adalah Shimano. Shimano merupakan merk alat pancing yang sudah terkenal di Indonesia. Shimano disukai oleh banyak pemancing dan salah satu alat pancing yang sangat digemari dari brand ini adalah joran pancing.

Joran pancing Shimano memiliki banyak tipe dan harga yang variatif, sehingga dapat dipilih oleh sesuai dengan selera dan kebutuhannya. Misalnya pada tipe Shimano Speedmaster BX Jigging dengan harga Rp2.625.000, Shimano Speedmaster BX Spinning Rp1.485.000, Shimano Speedmaster Kaibutsu ditawarkan dengan harga Rp3.250.000, atau Shimano Scimitar SMS 60M 2A yang lebih murah yakni Rp345.000.

Loading...