Diklaim Hilangkan Bau Mulut, Harga Parfum Mulut di Apotik Dibanderol Variatif

Ilustrasi : Penggunaan parfum mulut untuk mengatasi bau mulut

Bau mulut atau napas tidak sedap masih menjadi permasalahan yang dialami oleh sebagian orang hingga menurunkan tingkat kepercayaan diri mereka ketika hendak berinteraksi dengan orang lain. Beberapa orang mungkin akan mengambil langkah cepat dengan makan permen mint supaya napas lebih segar dan menghilangkan bau mulut. Tetapi rupanya makan permen mint hanya solusi sementara yang disebut-sebut justru berpotensi untuk memperparah bau mulut.

Menurut dokter bedah Leong Hon Chiew, seperti permen pada umumnya, permen mint memiliki kandungan gula tinggi yang dapat memicu pertumbuhan bakteri sehingga menyebabkan mulut bertambah bau. Apabila ingin tetap makan permen mint untuk menyegarkan napas (meski hanya sementara), dr. Leong menyarankan untuk mengonsumsinya setelah makan malam.

“Karena mereka ingin rasa segar (dari permen mint) bertahan lebih lama. Tapi itu justru membuat mulut dan tenggorokan kering dan merangsang pertumbuhan bakteri,” ujar dr. Leong, seperti dilansir Men’s Health.

Lebih lanjut dr. Leong menyarankan penggunaan oral strips untuk menyegarkan napas, yakni semacam permen berbentuk lembaran yang bisa langsung mencair saat dimasukkan dalam mulut. Menurutnya oral strips cepat larut begitu terkena air liur dan kandungan gulanya tidak menempel terlalu lama di mulut dan gigi.

Selain itu, penggunaan mulut juga bisa dijadikan alternatif. mulut atau mouth spray di apotik ada beragam pilihan mereknya. Ada beberapa merk yang memang murni hanya sebagai penyegar atau pengharum mulut, namun ada juga mouth spray yang memiliki fungsi ganda seperti mampu menjadi semprot penghilang bau mulut sekaligus meredakan radang tenggorokan. Sebagai contoh merk Cooling 5 Spray mulai Rp 34 ribuan di Apotek K24, kemudian ada juga Spartan Mouth Spray seharga Rp 47 ribuan, hingga Frezza Mouth Spray Rp 19 ribuan per botol.

Meskipun ada beberapa yang diklaim dapat membantu menghilangkan atau paling tidak mengurangi bau mulut, solusi terbaik untuk mencegah bau mulut tetaplah dengan menggosok gigi beberapa saat setelah makan dan sebelum tidur. Pastikan juga minum air putih yang cukup secara berkala. “Air membersihkan sisa-sisa gula, makanan dan membasahi mulut serta tenggorokan,” ujar Leong.

Loading...