Diklaim Dapat Merangsang Produksi ASI, Harga Laktafit Rp3 Ribuan

Harga, laktafit, di, apotek, apotik, K24, perangsang, perlancar, memperlancar, produksi, ASI, bayi, anak, teknik, pijat, cara, penunjang, ibu, menyusui, kandungan, placenta extract, menstimulasi, tablet, kemasan, suplemen, pijatan, cara kerja, dosis, penelitian, kategori, obat, keras, PT Dexa Medica, konsultasi, dokter, resepIlustrasi: ibu dan bayi tertidur

Makanan utama baru lahir adalah air ibu (ASI). yang baru lahir belum memerlukan tambahan cairan atau makanan lain. Untuk memperbanyak ASI demi mencukupi kebutuhan , ada banyak cara yang bisa dilakukan oleh ibu.

Menurut penelitian, memberi ASI secara eksklusif pada enam bulan pertama memberikan manfaat yang bisa dirasakan dalam jangka panjang. Berbagai institusi kesehatan dunia, termasuk Badan Kesehatan Dunia (WHO), merekomendasikan pemberian ASI eksklusif karena menurut hasil penelitian, bayi yang diberikan ASI memiliki risiko lebih rendah untuk mengalami penyakit infeksi, seperti pneumonia dan diare. ASI juga dapat menunjang tumbuh kembang bayi yang normal, dan dapat mengurangi risiko obesitas pada dan remaja.

Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk memperbanyak ASI, yakni dengan memberikan ASI terus-menerus, istirahat yang cukup, menghindari cemas, mengelola stres, saling berbagi atau bertukar pikiran dengan ibu menyusui lainnya, serta mengonsumsi penunjang produksi ASI yang ada di .

Laktafit adalah suplemen penunjang produksi ASI untuk ibu menyusui. Kandungan placenta extractnya diketahui dapat membantu menstimulasi dan merangsang produksi ASI. Suplemen ini dikombinasikan dengan vitamin B12 dan kalsium yang bertujuan untuk melancarkan peredaran darah serta menjaga ibu menyusui dari kekurangan kalsium.

Suplemen yang diproduksi oleh PT Dexa Medica ini tersedia dalam kemasan tablet salut gula yang tersedia di apotik. Satu tablet Laktafit di K24 dengan Rp3.780. Laktafit digolongkan dalam kategori obat keras, sehingga penggunaannya sebaiknya dikonsultasikan dahulu dengan dokter.

Cara kerja Laktafit suplemen ASI bisa dicermati dari kandungan bahan aktif penyusunnya, yakni placenta extract, vitamin B12, dan tribasic calcium phosphate. Laktafit digunakan untuk menstimulasi dan meningkatkan produksi air susu ibu (ASI) pada penderita hipogalaktia (ibu dengan produksi air susu sedikit). Suplemen ini juga dapat digunakan sebagai penunjang pada masa menyusui. Namun, tidak semua orang boleh menggunakan obat ini, termasuk penderita yang memiliki riwayat hipersensitif atau alergi terhadap kandungan bahan aktif pada obat ini.

Harga, laktafit, di, apotek, apotik, K24, perangsang, perlancar, memperlancar, produksi, ASI, bayi, anak, teknik, pijat, cara, penunjang, ibu, menyusui, kandungan, placenta extract, menstimulasi, tablet, kemasan, suplemen, pijatan, cara kerja, dosis, penelitian, kategori, obat, keras, PT Dexa Medica, konsultasi, dokter, resep

Sekotak Laktafit tablet (sumber: shopee.co.id)

Dosis yang tepat sesuai dengan anjuran dokter berdasarkan berat ringannya penyakit, berat badan, usia, dan lain-lain. Atau berdasarkan keterangan pada label obat. Adapun dosis yang lazim digunakan adalah 1 tablet 3 kali sehari selama masa menyusui, dan konsumsi obat ini setelah makan.

Untuk memperlancar produksi ASI, juga bisa dilakukan dengan cara memijat mandiri. “Namanya pijat oksitosin. Pijatan ini merangsang hormon oksitosin atau love hormone (hormon cinta) untuk memproduksi ASI. ASI yang keluar pun banyak,” ujar Konsultan dan Dokter Spesialis Anak, Ariani Dewi Widodo, kepada Liputan6.

Area punggung tulang belakang menjadi sasaran pijatan. Selain untuk memperlancar ASI, pijatan juga membuat ibu menyusui hilang stres. Ini memberikan ibu kenyamanan untuk bersiap kembali memberikan ASI buat si kecil.

Ariani mempraktikkan teknik pijat ini. Seorang peserta diminta duduk di kursi dengan posisi tubuh menghadap sandaran. Lengan memeluk sandaran kursi. Selanjutnya, si pemijat mulai menekan punggung tulang belakangnya. “Pertama, cari bagian yang menonjol di punggung, dekat tengkuk. Dari titik yang menonjol, tarik (pijat) dengan jari ke bawah. Lalu tarik kedua jari ke bagian samping kiri-kanan tulang belakang,” Ariani menjelaskan.

Untuk melakukan pijat oksitosin bisa dibantu oleh siapa saja, tapi Ariani menyarankan, pijat dilakukan pasangan. “Sebenarnya justru direkomendasikan dilakukan dengan suami. Karena sentuhan pasangan kan beda. Ada sentuhan cinta dari suami,” ungkap Ariani, yang berpraktik di RS Anak dan Bunda Harapan Kita, Jakarta. Hasil dari pijatan membuat payudara yang sebelumnya tegang mampu melancarkan ASI.

Loading...