Diklaim Dapat Mendeteksi Kandungan Emas, Berapa Harga Jual Gold Hunter Test Kit?

Gold Hunter - md-hunter.comGold Hunter - md-hunter.com

Mendeteksi adanya kandungan logam berharga seperti emas, perak, atau platina bisa dilakukan dengan beberapa , yakni dengan menggunakan alat detektor logam maupun menggunakan cairan pendeteksi emas seperti Gold Hunter Test Kit. Jika dibandingkan dengan metal detector, harga Gold Hunter Test Kit ternyata relatif lebih mahal dan untuk mencarinya di juga cukup sulit.

Gold Hunter Test Kit sendiri merupakan produk dari sebuah asal luar negeri bernama The Gold Hunter. Produk Gold Hunter Test Kit dijual di jual-beli online Amazon dengan harga USD 144,98 atau sekitar Rp 1,9 jutaan. “Gold Hunter Test Kit menggunakan stannous chloride untuk menguji keberadaan emas,” kata satu di Goldrefiningforum.

Cara pakai Gold Hunter Test Kit adalah dengan menempatkan sampel biji emas di tabung reaksi dan ditutup dengan penyaring. Setelah waktu yang tepat, bisa meneteskan cairan yang diletakkan di atas handuk kertas dan setetes cairan kedua diletakkan di atasnya. Apabila tetesan pertama mengalami perubahan ke ungu, maka menunjukkan adanya kandungan emas.

Meskipun diklaim dapat menguji kandungan emas, beberapa orang yang pernah menggunakan test kit ini ada yang mengaku kurang puas dengan hasilnya. “Saya membeli alat pemburu emas dan kecewa karenanya. Saya mengujinya dengan hanya menggunakan sedikit emas dari koleksi saya dan tidak dapat memperoleh hasil yang positif,” kata review salah satu pengguna.

“Instruksi kit mencatat bahwa bagian pelindian dari tes dapat ‘diratakan’ setelah 90 hari atau lebih dan dapat diregenerasi dengan penambahan asam nitrat. Saya curiga kit yang saya terima mengandung kimia lama, menunjukkan kontrol kualitas yang buruk. Saya tidak ragu jika dengan kimia yang lebih segar mungkin tesnya bisa berjalan dengan baik,” imbuh sang pengguna.

Untuk mencari produk Gold Hunter Test Kit di Indonesia memang sulit. Di pasaran biasanya beredar merek-merek menyerupai Gold Hunter Test Kit seperti Libro. Harga gold test kit Libro relatif terjangkau, hanya sekitar Rp 175 ribuan dan diklaim memiliki tingkat akurasi 0,01 ppm.

Loading...