Diklaim Bermanfaat Dalam Memelihara Kesehatan Tubuh, Harga Garcia di Apotik Kimia Farma Rp114 Ribuan

Ekstrak Manggis - (Sumber: livestrong.com)Ekstrak Manggis - (Sumber: livestrong.com)

Khasiat buah manggis memang fenomenal hingga saat ini. Buah manggis disebut-sebut sebagai ratu buah karena banyaknya manfaat yang terkandung di dalamnya. Maka tak heran jika hasil ekstrak buah manggis ini dimanfaatkan oleh obat-obatan dalam sejumlah produknya.

“Sifat antioksidan dalam buah manggis juga bisa untuk menangkal pro-oksidan (radikal bebas) yang masuk ke dalam tubuh, sehingga mengonsumsi buah manggis bisa untuk menyegarkan tubuh kita,” ungkap Ir. Kasma Iswari, M.Si, ‎Peneliti Pertanian di Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Solok, dilansir melalui tribunnews.com

Masyarakat tentu sudah familiar dengan herbal Garcia, yang merupakan obat herbal dengan kandungan ekstrak kulit manggis. Garcia adalah kapsul ekstrak kulit manggis yang diklaim berkhasiat tinggi. Obat berbentuk kapsul ini diproduksi oleh PT Zena Nirmala Sentosa yang merupakan yang bergerak di bidang industri makanan dan suplemen berbahan alami.

Produk herbal yang juga dianggap bermanfaat dalam mengurangi kadar asam lambung ini bisa didapatkan di sejumlah apotik seperti apotek Farma. Untuk satu kemasan botol berisi 60 kapsul, obat ini dengan harga Rp114 ribuan. Aturan minumnya yakni, 2 kapsul 3 kali sehari dan selanjutnya 1 kapsul 3 kali sehari.

Jika di daging buah manggis banyak terdapat kandungan C, kalium, dan serat, maka di dalam kulit buah manggis banyak terkandung senyawa yang bernama Xanthone. Zat ini dianggap mampu memelihara kesehatan tubuh dan mencegah berbagai penyakit. Xanthone terdapat pada kulit buah manggis dan tidak ditemukan di jenis buah-buahan lainnya.

Xanthone juga dapat berperan sebagai antilelah, anti-inflamasi, antiaging, antiparkinson, antialergi, antialzheimer, dan membantu tubuh menurunkan gula darah, menurunkan kolesterol, menurunkan tekanan darah, melindungi jantung, mencegah kebutaan, serta mencegah infeksi oleh bakteri, virus, dan jamur.

Namun, mengkonsumsi Xanthone secara berlebihan juga dianggap menimbulkan efek samping. Studi mempublikasikan penggunaan Xanthones dalam dosis tinggi dapat menekan sistem saraf pusat pada hewan dan menyebabkan sedasi. Xanthone dapat menyebabkan kelebihan sedasi bila dikombinasikan dengan herbal atau obat-obatan lainnya. Selain itu juga terdapat potensi keracunan dalam dosis yang lebih tinggi.

Terlebih pada sejumlah penelitian juga menunjukkan bahwa Xanthone dapat mengganggu pembekuan darah yang normal. Belum dapat dijelaskan mengenai zat Xanthone pada manggis apakah dapat berinteraksi dengan obat pengencer darah (seperti warfarin) atau tidak. Namun kemungkinan juga dapat menyebabkan perdarahan.

Selain senyawa Xanthone, kulit manggis juga mengandung katekin, potasium, kalsium, fosfor, besi, vitamin B1, vitamin B2, dan vitamin B6, yang mana kandungan tersebut amat dibutuhkan oleh tubuh.

Loading...